Friday, December 18, 2015

Polisi Ajak Produsen Mobil dan Motor Buat Sekolah Mengemudi

Polisi Ajak Produsen Mobil dan Motor Buat Sekolah MengemudiJakarta - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Condro Kirono mengaku iri dengan Thailand. Condro iri karena Negeri Gajah Putih itu telah memiliki banyak sekolah mengemudi yang difasilitasi oleh produsen motor dan mobil.

Sekolah mengemudi adalah salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat untuk memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang baik dalam mengemudi dan berlalu lintas.

Sayang, di Indonesia jumlah sekolah mengemudi masih terbatas. Akhirnya banyak masyarakat di Indonesia yang memelajari keterampilan mengemudi secara otodidak.

Melihat kondisi tersebut, Irjen Pol Condro Kirono mengajak para produsen mobil dan motor untuk bersama-sama dengan Polri dalam membangun sekolah mengemudi dengan sarana prasarana berkualitas.

Ia juga mengaku iri dengan negara tetangga, Thailand yang telah memiliki sekolah mengemudi yang bekerja sama dengan salah satu produsen motor disana.

"Kami mendorong adanya sekolah mengemudi. Saya berbicara dengan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) dan AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia), mereka kan jual mobil dan motor, tapi tolong awali dari satu provinsi punya sekolah mengemudi," ujar Condro Kirono dalam Musyawarah Nasional Ikatan Motor Indonesia (Munas IMI), Jumat (18/12/2015).

"Saya iri dengan Thailand. Di sana tiap provinsi ada driving school yang standar oleh Honda. Untuk membangun seperti itu, saya ga bisa sendiri, harus bergandengan tangan juga dengan pihak lain," katanya.

Meski kerja sama untuk mendirikan sekolah mengemudi di seluruh wilayah Indonesia belum terlaksana, Korlantas Polri bersama Ikatan Motor Indonesia telah membuat modul atau handbook yang nantinya akan digunakan di sekolah mengemudi.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment