Wednesday, January 6, 2016

Mekanik Ini Bikin Bahan Bakar Mobil dari Air dan Karbid

Mekanik Ini Bikin Bahan Bakar Mobil dari Air dan KarbidMadhya Pradesh - Seorang mekanik mobil dari India mengklaim telah memodifikasi sebuah mobil yang ramah lingkungan. Dia membuat mobil berbahan bakar campuran air dan karbid.

Diberitakan Mirror, Rabu (6/1/2016), mekanik bernama Mohammad Raees Markani telah memodifikasi sebuah mesin 800cc selama lima tahun. Mesin itu kini tak lagi meminum bahan bakar konvensional dan diganti dengan bahan bakar campuran air dan karbid.

"Mobil berjalan pada gas astelina yang terbentuk dari reaksi kimia antara kalsium karbida dan air. Gas tersebut digunakan untuk beberapa keperluan industri termasuk pengelasan dan pencahayaan portabel untuk penambang. Tapi dalam hal ini, saya menggunakannya untuk menggerakkan mesin mobil. Saya telah membuat perubahan lain ke mesin yang membantu kinerja keseluruhan mobil. Jadi, pada dasarnya ini hanya tentang air," tuturnya.

Markani telah menjadi mekanik mobil selama lebih dari 15 tahun. Bahkan dia tidak pernah sekolah dan tidak bisa membaca atau menulis.

Dia pertama kali mendapatkan ide ketika sedang mengerjakan pengelasan part mobil saya di bengkel bertahun-tahun lalu. Tapi dia awalnya tidak tahu bagaimana menggarap mobil ramah lingkungan ini.

"Entah bagaimana, saya mengawali pekerjaan itu dan saya membutuhkan waktu lima tahun untuk membuat mesin yang efisien ini," katanya.

Markani kini memiliki paten untuk mobil air. Dia juga telah diundang oleh perusahaan mobil China untuk mengembangkan idenya lebih lanjut.

Namun, Markani memiliki satu keteguhan jika ada perusahaan yang melirik inovasinya. Semua perusahaan yang tertarik dengan proyek ini harus dan ingin memproduksi massal, pabriknya harus didirikan di kampung halamannya di Madhya Pradesh.

"Saya ingin semua berubah di kampung halaman saya. Jadi, di sini adalah di mana pekerjaan saya harus berlanjut,"



(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment