Wednesday, January 6, 2016

Berkendara Saat Hujan, Cek Bagian-bagian Mobil Ini

Berkendara Saat Hujan, Cek Bagian-bagian Mobil IniJakarta - Berkendara di musim hujan berbeda dengan berkendara saat kondisi jalan normal. Agar tetap aman di jalanan yang basah, Anda harus memperhatikan kelaikan bagian-bagian kendaraan.

Mulai dari kondisi ban hingga kelistrikan harus diperhatikan. Sebab, bagian-bagian mobil memegang peran penting dalam keselamatan berkendara ketika hujan.

Instruktur Defensive Driving dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Boy Falatehansyah menyarankan, ketika berkendara di tengah hujan, sebelum berangkat Anda harus melakukan inspeksi pra-perjalanan. Adapun bagian kendaraan yang harus diinspeksi yang pertama adalah kelayakan ban berdasarkan tire wear indicator (TWI).

"Karena ini (kelayakan ban) mempunyai efek dalam stabilitas kendaraan tersebut di saat lintasan yang licin. Karena kecelakaan umum pada saat hujan banyak diakibatkan oleh selip pada roda kendaraan yang akhirnya bisa mengakibatkan mobil melintir atau tidak terkontrol," kata Boy kepada detikOto melalui pesan singkatnya, Rabu (6/1/2016).

Selanjutnya, bagian yang perlu diperhatikan adalah kondisi wiper. Wiper harus berfungsi dengan baik dan airnya juga harus terisi penuh.

"Karena pada saat hujan visibilitas menjadi faktor pendukung munculnya bahaya dan risiko di jalan raya," kata Boy.

Sistem kelistrikan seperti lampu-lampu dan klakson harus berfungsi normal. Sebab, bagian ini juga menjadi faktor utama agar pengendara lain mengetahui keberadaan kendaraan Anda.

"Lampu depan, belakang dan klakson harus berfungsi dengan baik. Ini juga faktor yang harus dipahami, karena di saat hujan komunikasi antara pengguna jalan raya akan sangat terganggu dengan cuaca yang mengganggu pandangan kita sebagai pengemudi," ujar Boy.

Langkah selanjutnya adalah cek apakah kendaraan Anda memiliki sistem keamanan anti-selip seperti ABS atau traction control. Kalau tidak ada, maka Anda harus ekstra hati-hati saat berkendara di tengah hujan.

"Kalau tidak dilengkapi dengan sistem-sistem tersebut maka pengemudi harus lebih waspada akan terjadinya selip," ucap Boy.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment