Wednesday, January 6, 2016

Jangan Sepelekan Peran Lampu Belakang pada Motor

Jangan Sepelekan Peran Lampu Belakang pada MotorJakarta - Otolovers mungkin pernah menemukan sepeda motor yang lampu belakangnya mati dan masih tetap dikendarai pemiliknya. Pada malam hari, lampu belakang motor yang mati itu sangat mengganggu, bahkan berisiko kecelakaan.

Peran penting lampu belakang di kendaraan bermotor, khususnya roda dua, masih disepelekan. Tak jarang pemilik motor yang menunda penggantian lampu belakang.

detikOto malah pernah hampir mengalami kecelakaan akibat ada sepeda motor yang lampu belakangnya tidak menyala. Pada saat malam hari di jalanan tanpa penerangan jalan ada motor berjalan pelan dengan lampu belakang yang mati.

Awalnya detikOto tak melihat keberadaan motor itu karena lampu belakang yang tidak menyala. Ketika sudah dekat, motor itu baru terlihat.

Padahal, menurut Instruktur Defensive Driving dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Boy Falatehansyah, lampu-lampu pada kendaraan bermotor adalah sarana untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lain. Lampu belakang motor adalah sinyal untuk memberitahu keberadaan kendaraan Anda kepada pengguna jalan lain di belakang Anda.

"Sering sekali kita temukan banyaknya pengendara roda dua yang tidak memiliki lampu belakang dan rem, ini sangatlah berbahaya dan sudah pasti melanggar undang-undang jalan raya di Indonesia," kata Boy melalui pesan singkatnya kepada detikOto.

Bayangkan, lanjut Boy, pada siang hari saja kalau kendaraan di depan kita mengerem dan lampu remnya tidak menyala maka risiko kita menabrak kendaraan tersebut akan sangat tinggi.

"Syukur-syukur kalau tidak nabrak, tapi kalau nabrak berarti kan banyak kerugian yang akan kita bayar, seperti waktu dan investasi lainnya," kata Boy.

Jadi, jangansepelekan peran penting lampu belakang di kendaraan Anda ya,Otolovers!


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment