Sunday, May 1, 2016

BMW Buat Kursi Roda Balap

BMW Buat Kursi Roda BalapMunich - BMW kini tak hanya dikenal sebagai produsen mobil premium saja. Merek mobil asal Jerman itu juga merancang kursi roda yang digunakan tim olimpiade paralimpik Amerika Serikat.

Dalam paralimpik yang berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil tahun ini, BMW hanya membuat enam unit kursi roda untuk tim paralimpik Amerika Serikat. Kursi roda dirancang BMW dengan memanfaatkan pengalaman mereka di dunia balap.

Dilansir CNN, desain kursi roda buatan BMW tidak seperti pada umumnya. Menggunakan bahan serat karbon, kursi roda BMW dirancang dengan aspek aerodinamika yang dapat menunjang tubuh atlet. Material tersebut pun lain dari kursi roda pada umumnya.

Selama satu setengah tahun, tim di BMW Desi gn Works merancang kursi roda tersebut dengan desain tidak seperti kursi roda tradisional. Mereka fokus untuk mengembangkan tiga hal yaitu aerodinamika, kekakuan pada sasis, dan bagaimana kursi roda bisa sesuai pada tubuh atlet.



Sentuhan terakhir yakni penyesuaian pada tiap kursi menggunakan kombinasi 3 dimensi dan ukuran tubuh. Kursi roda BMW siap untuk digunakan sebelum kompetisi paralimpik dimulai pada 7 September mendatang.

"Para atlet ini berhak menerima segala pujian. Mereka yang bakal memenangkan balapan," kata Brad Cracchiola, associate director BMW Design Works.

Uji coba kursi roda anyar BMW itu dilakukan oleh juara dunia dalam balap kursi roda, Josh George. Dalam olimpiade untuk penyandang disabilitas tahun ini, Josh bakal bertarung di nomor balap 400, 800, 1.500, dan 5.000 meter.

"Pada dasarnya anda merubah kami menjadi cyborg, bagian dari mesin dan manusia. Anda dapat berinteraksi dengan mesin untuk mendapatkan hasil yang maksimal," kata Josh.


(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment