Sunday, May 1, 2016

Raikkonen: Ferrari Masih Kurang Cepat

Raikkonen: Ferrari Masih Kurang CepatSochi - Kimi Raikkonen tak puas meski dirinya naik podium ketiga di GP Rusia. Dia menilai kecepatan Ferrari masih kurang untuk menandingi Mercedes.

GP Rusia menjadi ajang Mercedes unjuk dominasi. Mereka menguasai sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga balapan.

Dalam balapan di Sirkuit Sochi, Minggu (1/5/2016) malam WIB, Nico Rosberg yang memulai dari posisi terdepan kemudian finis di urutan pertama. Podium kedua ditempati oleh Lewis Hamilton yang sebelumnya start dari posisi ke-10.

Sementara itu, Raikkonen harus puas finis di posisi ketiga kendati memulai balapan di posisi yang jauh lebih baik daripada Hamilton, yakni urutan keempat. Raikkonen terpaut 31,998 detik dari Rosberg.

Raikkonen menyebut hasil di Rusia sudah maksimal untuk Ferrari. Dia mengakui kalau untuk saat ini, Ferrari masih belum cukup cepat untuk menyaingi Mercedes.

"Mobilnya rasanya lebih baik daripada beberapa hari lainnya di akhir pekan, tapi masih tidak cukup cepat untuk bertarung dengan Mercedes, jadi kami tahu kami masih punya pekerjaan rumah," ucap Raikkonen seperti dikutip Crash.

"Tidak mudah untuk menunjuk persisnya apa yang kami butuhkan. Kami tahu ada beberapa hal kecil yang harus kami perbaiki. Ada beberapa pengembangan yang akan datang, tapi Mercedes sudah sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir dan juga tahun ini," imbuh Raikkonen.

"Ini adalah yang paling cepat yang bisa kami lakukan hari ini dan kami jelas punya pekerjaan rumah, tapi saya cukup percaya diri bahwa ketika segalanya sesuai yang kami inginkan, kami akan sangat kuat."

"Lagi, kami tidak finis dengan kedua mobil berada di posisi yang seharusnya. Itu m engecewakan, tapi kami terus bekerja sangat keras dan saya yakin hasilnya akan datang," katanya menambahkan.

Ini adalah podium kedua untuk Raikkonen dari empat balapan yang sudah dia jalani. Pebalap asal Finlandia itu kini menempati posisi tiga klasemen dengan 43 poin.

Sementara itu, pebalap Indonesia Rio Haryanto harus mengakhiri balapannya lebih awal. Driver Manor itu harus out di lap pertama setelah disenggol mobil pebalap lain yang melintir di tikungan kedua.

Bagi Rosberg, ini adalah kemenangan keempatnya secara beruntun di musim ini. Pebalap Mercedes itu mantap di puncak klasemen dengan 100 poin dari empat seri balapan, unggul 43 poin dari Hamilton yang ada di posisi kedua.

Jalannya Balapan

Insiden langsung terjadi di tikungan kedua tak lama setelah start. Dalam insiden tersebut, Rio Haryanto disenggol oleh mobil Nico Hulkenberg yang melintir. Akibat insiden tersebut, Rio tak bisa melanjutkan balapan.

Tak lama berselang di insiden berbeda, Sebastian Vettel ditabrak dari belakang oleh Daniil Kvyat. Kejadian tersebut membuat mobil Vettel menabrak dinding dan harus out dari balapan. Serangkaian insiden tersebut membuat safety car harus keluar.

Setelah balapan kembali dimulai usai safety car, Nico Rosberg yang start dari urutan pertama terus melesat. Sementara itu, Lewis Hamilton mulai merangsek dan sudah berada di posisi keempat menyalip Felipe Massa.

Di lap ketujuh, Hamilton melewati Kimi Raikkonen untuk berada di urutan ketiga. Posisi kedua ditempati oleh Valtteri Bottas. Sementara itu, Kvyat harus mendapat penalti 10 detik akibat insiden di lap awal.

Rosberg yang memimpin balapan terus melebarkan jarak. Sementara itu, Bottas terus ditempel ketat oleh Hamilton. Di lap 17, Bottas masuk ke pit sehingga membuat Hamilton berada di urutan kedua. Setelah keluar dari pit, Bottas berada di posisi ketujuh.

Di lap 18, giliran Hamilton yang masuk pit. Keluar dari pit, Hamilton kembali terlibat pertarungan dengan Bottas. Hamilton menyalip Bottas di tikungan kedua dan kemudian melewati Fernando Alonso untuk menempati posisi keempat.

Di lap 22, Rosberg masuk ke pit. Pebalap asal Jerman itu mampu mempertahankan posisinya di urutan pertama usai keluar dari pit. Setelah 25 lap, Rosberg masih memimpin diikuti oleh Hamilton, Raikkonen, dan Bottas.

Sementara itu, beberapa pebalap terlibat pertarungan sengit untuk posisi ketujuh. Kevin Magnussen dibuntuti oleh Romain Grosjean, Sergio Perez, Carlos Sainz Jr, dan Jenson Button.

Hamilton sempat mengalami masalah dengan mobilnya. Melambatnya Hamilton dimanfaatkan oleh Raikkonen yang bisa memangkas jarak menjadi 13 detik. Namun demikian, masalah di mobil Hamilton bisa teratasi.

Di lap terakhir, Rosberg unjuk kecepatan dengan mencatatkan putaran tercepat 1 menit 39,094 detik. Lap tersebut membuat Rosberg memimpin hingga 21,4 detik dari Hamilton.< br/>
Rosberg kemudian menjadi yang pertama menyentuh garis finis. Di belakang Rosberg, Hamilton dan Raikkonen mengikuti.
(nds/ddn)

0 comments:

Post a Comment