Wednesday, June 29, 2016

Gesits Milik Indonesia, Komponennya Direncanakan 100% Buatan Indonesia

Gesits Milik Indonesia, Komponennya Direncanakan 100% Buatan IndonesiaJakarta - Garansindo yang tengah mengembangkan motor listrik nasional bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya nantinya akan kembali menggandeng dua universitas negeri lainnya. Sebabnya, Garansindo menegaskan, motor listrik Gesits itu milik Indonesia.

Pada awalnya Gesits memang dikembangkan atas kerja sama Garansindo dengan ITS. Makanya, skuter listrik ini diberi nama Gesits, singkatan dari Garansindo Electric Scooter ITS (GESITS).

"Saat ini Gesits tidak hanya Garansindo dan ITS saja. Tapi kita menggandeng dua universitas negeri lainnya yang In Sya Allah habis lebaran kita umumkan ceremony-nya. Mungkin akan bertambah nanti. Karena kita s epakat bahwa Gesits milik Indonesia, bukan hanya milik Garansindo atau ITS. Hanya kebetulan namanya perdana Garansindo dan ITS, ya Gesits," kata CEO Garansindo, Muhammad Al Abdullah atau yang akrab disapa Memet.

Dua universitas di luar ITS yang akan digandeng Garansindo bertugas untuk mengembangkan sel baterai lithium dan pengembangan daur ulang baterai lithium. Kalau sel baterai lithiumnya sudah dibuat sendiri di Indonesia oleh universitas yang digandeng Garansindo nanti, maka semua komponen motor listrik Gesits dibuat di Indonesia.

"Saat ini komponen lokalnya 90 persen. Sel (baterai lithium) kita masih impor dari Panasonic, kalau box modulnya buatan kita dari awal. Yang kita belum mampu kan buat selnya selama ini. Yang punya sel itu Panasonic dan Samsung yang punya pabrik baterai terbesar. Kalau memang nanti ini (kerja sama dengan salah satu universitas yang mengembangkan sel baterai) berhasil, maka boleh dibilang Gesits akan menjadi 100 persen buatan lok al Indonesia, semua komponennya. Karena saat ini sel baterainya kita masih impor. Malah kita udah bisa suplai untuk ekspor untuk merek lain penginnya," kata Memet.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment