Friday, January 25, 2013

14.700 Mobil Listrik Mitsubishi Kena Recall

14.700 Mobil Listrik Mitsubishi Kena Recall Tokyo - Akibat masalah pada rem, Mitsubishi Motors Corp terpaksa harus menarik kembali (recall) mobil listrik milik mereka. Tidak tanggung-tanggung, ada sekitar 14.700 mobil listrik yang ditarik karena masalah ini.

Penarikan ini pun dianggap sebagai salah satu recall terbesar mobil ramah lingkungan generasi terbaru yang kini tengah berkembang. Angka itu pun bisa dikatakan hampir setengah dari keseluruhan produksi mobil listrik Mitsubishi ini.

Mitsubishi Motors seperti detikOto kutip dari Reuters mengatakan bahwa mereka akan menarik hampir 3.400 mobil listrik mungil i-MiEV dan lebih dari 2.400 MINICAB-MiEV di Jepang.

Sementara itu, di luar Jepang, terutama di Eropa, Mitsubishi mengatakan akan menarik sekitar 8.900 i-MiEV. Beberapa dari mereka dijual sebagai dengan merek PSA Peugeot Citroen iOn dan C-Zero.

Masalah rem ini sendiri hingga saat ini dilaporkan belum membuat ada pengemudi i-MiEV yang kecelakaan meskipun analis mengatakan kalau masalah rem ini menggambarkan pengecekan kualitas kendaraan di Mitsubishi lemah.

Rem mobil listrik Mitsubishi ini sebenarnya bermasalah karena adanya masalah pada pompa listrik yang mengirimkan udara ke booster rem. Booster rem kemudian mengalikan kekuatan tekanan dari kaki dan membuat pengereman menjadi lebih mudah.

Bila sebuah pompa bermasalah dapat menyebabkan rem kendaraan jadi tidak terlalu pakem dan membuat kendaraan berjalan lebih jauh saat pengereman sebelum akhirnya berhenti. Tidak ada luka atau kematian akibat masalah ini dan tidak ada resiko kebakaran akibatnya.

0 comments:

Post a Comment