Friday, January 25, 2013

Tips Agar Badan Tetap Segar Selama Nyetir

Tips Agar Badan Tetap Segar Selama Nyetir Jakarta - Jalanan terutama di kota-kota besar seperti Jakarta seringkali macet. Pengendara pun sering kali menghabiskan waktu sampai 3 jam bahkan lebih dalam sekali perjalanan. Yuk simak tips agar badan tetap segar selama macet dari dr Sonia Wibisono.

Pertama dari asupan makanan yang masuk ke perut. Sebaiknya dipilih-pilih dulu.

"Kalau bisa makan karbohidrat itu jangan yang sederhana, jangan yang gula-gula, jangan nasi putih, karena gampang ngantuk. Kalau bisa karbohidrat yang kompleks, seperti gandum, nasi, beras merah, roti gandum, spaghetti jadi staminanya lebih tinggi, protein dari ikan, sayuran," ujarnya.

Sebelum berkendara, pengendara jangan meminum obat flu terutama yang bisa bikin ngantuk.

"Yang penting jangan minum obat flu, yang bikin ngantuk, jangan, minum yang gak ngantuk kalau malam baru minum obat yang ngantuk," ujarnya.

Selain itu buah-buahan, sayuran juga harus menjadi menu wajib. "Olahraga buat stamina, tidur yang cukup," pesannya.

Dan yang penting juga, jangan mengonsumsi alkohol sebelum nyetir. Wah kalau itu pasti dok!

"Kalaupun sedikit itu bisa mempengaruhi keseimbangan, yang lurus jadi gak bisa lurus nyetirmnya, makanya orang yang drink and drive bisa kecelakaan," ujarnya.

Memang masing-masing orang memiliki perbedaan dalam hal mencerna alkohol, ada yang gampang dan ada yang susah.

"Kalau yang gampang mencerna alkoholnya langsung naik dalam darahnya jadi gak boleh drive. Kalau udah drink jangan langsung drive lah, mendingan jangan sama sekali," pesannya lagi.

Nah terus kalau pas lagi nyetir biar gak pegel gimana dok?

"Duduknya harus tegak, enggak boleh bungkuk, setirnya itu harus disesuaikan jadi gak boleh terlalu naik dan terlalu turun, sesuaikan dengan persis badan kita yang enak," ujarnya di Jakarta.

Jika memungkinkan, saat macet, kita bisa melakukan sedikit olahraga ringan agar badan tetap fit.

"Kita bisa lakukan exercise di mobil seperti jinjit, ke bawahin lagi, jinjit ke bawahin lagi. Atau melakukan exercise seperti memutarkan bahu atau kepalanya digelengkan ke kanan dan kiri, sehingga kita gak pegel di perjalanan. Kalau udah selesai, nyampe rumah, kakinya dinaikkan ke atas, tiduran naikin kakinya ke atas supanya kaki kita gak bengkak, karena kalau terlalu lama kakinya di bawah di mobil, macet-macet di jalan 3-4 jam, pembuluh darah alirannya ke bawah terus dia gak ke atas, jadi dia bisa bengkak," ujarnya.

0 comments:

Post a Comment