Friday, January 25, 2013

Pertolongan Pertama Motor yang Terendam Banjir

Pertolongan Pertama Motor yang Terendam Banjir Jakarta - Banjir yang menggenangi wilayah Jakarta dan sekitarnya selain membuat banyak rumah yang terendam juga banyak kendaraan yang terendam sampai akhirnya mogok.

Kendaraan yang terendam dan mogok itu kebanyakan sepeda motor. Karena saat banjir datang para pengendara motor banyak yang nekat menerobos genangan air sehingga motor tersebut menjadi mogok.

Otolovers ada yang mengalami hal itu bukan? Meski banjir sudah berlalu tapi musim hujan masih 'menggentayangi' kita semua lho Otolovers. Bahkan pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan terus terjadi hingga awal Februari 2013.

Nah, buat Otolovers semua yang memiliki motor harus tetap waspada ya. Tapi jangan khawatir karena Badrus mekanik bengkel Tekno Motor di kawasan Cempaka Mas, Jakarta mencoba memberikan tips bagi Anda semua yang motornya terendam banjir.

Menurut pria yang akrab disapa Iyus ini, pertolongan pertama saat motor terendam banjir yakni selain jangan langsung mendhidupkan mesin juga periksa karburator dan busi.

"Utamanya jangan hidupkan mesin saat selesai terendam banjir. Periksa karburator dan busi karena 2 komponen ini yang menyebabkan motor jadi mogok karena kemasukan air," kata Badrus saat ditemui detikOto di bengkelnya yang berada di Jalan Letjend Suprapto, Jakarta, Jumat (25/1/2013).

Karburator dan busi itu bisa dikatakan komponen yang sangat vital dalam motor saat terendam banjir. Motor yang sudah terendam banjir terutama banjir yang cukup tinggi pasti karburatornya terendam air dan bagian busi juga bisa terendam banjir sehingga aliran listrik yang masuk ke busi tidak akan sampai karena adanya air itu. Parahnya aliran listrik itu bisa korslet karena adanya air tadi.

"Kalau di karburator kan pasti ada bensin. Bensin kena air gimana motor bisa nyala, begitu juga pada busi enggak akan bisa listrik nyambung karena ada air tadi," tegasnya.

Jadi menurut Badrus ada baiknya ketika motor tergenang banjir bersihkan terlebih dulu karburator dan lap busi sampai benar-benar kering. Setelah kedua komponen itu kering Anda bisa mengecek ke komponen lainnya.

"Intinya ke karburator sama busi dulu deh. Itu sudah kering dan bersih dari air maka motor sudah bisa nyala lagi," tutupnya.

0 comments:

Post a Comment