Monday, January 28, 2013

Beijing Penuh Polusi, Produsen Mobil Internasional Senang?

Beijing Penuh Polusi, Produsen Mobil Internasional Senang? Beijing - Langit China terutama kota-kota besar seperti Beijing dianggap banyak orang sebagai langit paling tidak sehat di dunia karena tebalnya polusi disana. Melihat hal itu, produsen-produsen internasional pun merasa senang.

Kegembiraan para produsen internasional pada kondisi penuh polusi di China bukanlah tanpa alasan. Sebab dengan tebalnya polusi di kota besar, Pemerintah China pun berencana untuk menekan para produsen mobil untuk membuat kendaraan ramah lingkungan.

Produsen mobil internasional seperti General Motors dan Volkswagen serta merek-merek internasional lain tentu senang dengan rencana memperketat emisi kendaraan sebab sebagian besar dari mereka sudah mampu membuat mobil dengan emisi rendah yang memenuhi regulasi emisi Eropa.

Sementara itu, merek China banyak yang belum sampai ke arah itu. Dengan begitu, bila regulasi ini benar-benar dilakukan, maka mobil-mobil merek non-China yang akan laku di pasaran.

"Semua produsen mobil dan truk asing mampu memenuhi standar emisi yang sangat canggih dan tidak memiliki masalah. Jadi akan menempatkan merek Cina pada posisi yang kurang menguntungkan," kata Ashvin Chotai, managing director Intelligence Automotive Asia di London.

Sementara itu, juru bicara VW di Beijing, Christoph Ludewig mengatakan kalau mereka telah mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar hingga sebesar 20% sejak tahun 2005 silam yang membuat perusahaan 'siap' untuk standar kendaraan baru.

China juga berencana untuk memiliki 500.000 kendaraan listrik di jalanan mereka pada tahun 2015 dan 5 juta pada tahun 2020. Menurut Bloomberg New Energy Finance diantara tahun 2009-2011 sudah ada 13.000 kendaraan listrik yang terjual di negeri tirai bambu itu.

0 comments:

Post a Comment