Thursday, January 31, 2013

Motor Sering Jalan Jauh? Servis Besar Maksimal Sekali dalam 2 Tahun

Motor Sering Jalan Jauh? Servis Besar Maksimal Sekali dalam 2 Tahun Jakarta - Memiliki kendaraan yang prima merupakan impian bagi semua orang karena dengan kondisi tersebut Anda akan jauh lebih nyaman mengendarainya tanpa harus menemukan masalah.

Nah Otolovers yang memiliki sepeda motor umurnya sudah lebih dari 2 tahun harus lebih intens merawat mesin agar performa motor tetap prima.

Apalagi belum pernah melakukan servis besar sama sekali ketika Anda membelinya pertama kali.

Kira-kira kapan waktunya melakukan servis besar pada motor?

Andy mekanik dari bengkel Tech Motor di Jalan Kemayoran Gempol, Jakarta Pusat mengatakan sepeda motor sudah harus melakukan servis besar jika pemakaiannya maksimal sudah 2 tahun.

"Sebenarnya tergantung dari pemakaiannya. Kalau sering dipakai dengan jarak tempuh yang jauh maka wajib melakukan servis besar maksimal diusia 2 tahun," kata Andy.

Andy memperjelas, dalam melakukan servis besar juga tidak boleh sembarangan menentukan bengkel. Otolovers harus selektif memilih motor jika ingin melakukan servis besar, sebab pengerjaannya cukup rumit karena semua mesin diturunkan.

"Jangan asal pilih bengkel. Kalau mekaniknya tidak bisa nanti yang ada motor jadi tidak enak dikendarai. Semua mesin kan diturunkan diperiksa dan diservis agar performanya kembali prima," cetusnya.

Sederhananya, lanjut Andy servis besar itu mencakup servis karburator hingga ke bagian-bagian yang jarang terjaman ketika melakukan servis rutin (servis kecil) setelah itu semua mesin dibongkar dan dibersihkan.

"Jika sudah ada yang mulai rusak ya harus diganti. Tapi kalau kaya karburator paling dibersihkan saja," cetusnya.

Servis besar juga mengarah pada kondisi ring, seher, liner silinder, rantai keteng sampai ke roll tensioner. "Semuanya diperiksa tapi kalau permukaan seher masih bagus cukup mengganti ring sehernya saja agar gap ring fungsinya tetap seperti biasanya. Biasanya ngaruh ke kompresi," paparnya.

Berapa estimasi harga yang harus dikeluarkan saat melakukan servis besar pada motor?

Menurut Andy, biayanya memang sedikit besar. Ongkos pengerjaannya saja bisa sampai Rp 200 ribu terlebih jika ada beberapa bagian yang harus diganti bisa lebih dari Rp 500 ribu.

"Harganya memang cukup mahal tapi feedback-nya juga besar motor jadi lebih enak dikendarai dibanding sebelum melakukan servis besar," tandasnya.

Nah buat Otolovers semua mulai sekarang harus sudah memikirkan untuk melakukan servis besar pada motor Anda. Terlebih jika usia kendaraan Anda lebih dari 2 tahun atau jarak tempuh setiap harinya cukup jauh. Servis besar perlu dilakukan agar motor Anda jauh lebih baik dan tetap nyaman untuk dikendarai.

0 comments:

Post a Comment