Friday, January 18, 2013

RI Harus jadi Basis Produksi Sedan, Kurangi Pajaknya

RI Harus jadi Basis Produksi Sedan, Kurangi Pajaknya Jakarta - Banyak yang tidak menyadari meski Indonesia telah berhasil tembus penjualan hingga 1.116.230 unit, produksi kendaraan di Indonesia lebih sedikit bila dibandingkan Thailand.

Lalu apa penyebabnya yang membuat Thailand tetap unggul dalam produksi dibandingkan Indonesia?.

"Seperti yang kita ketahui Indonesia menjadi basis produksi untuk kendaraan MPV. Sedangkan Thailand menjadi basis kendaraan sedan," ucap Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D. Sugiarto di Jakarta.

Sedangkan di negara-negara lain, sedan lebih banyak yang dibutuhkan dibandingkan dengan MPV. Hal inilah yang membuat Thailand lebih banyak memproduksi dibandingkan Indonesia. Indonesia hanya memproduksi sekitar 5.000 unit sedan.

Sehingga bisa dikatakan Thailand saat ini masih lebih unggul, mengingat mobil buatan Thailand juga ikut memenuhi kebutuhan kendaraan dunia.

"Oleh sebab itu Indonesia harus mengurangi pajak dan PPnBM untuk mobil sedan. Sehingga Indonesia bisa menjadi basis produksi mobil sedan," kata Jongkie.

Vice President, Automotive & Transportation Practice - Asia Pacific, Frost & Sullivan Vivek Vaidya menambahkan bahwa segmen sedan kembali pulih setelah mengalami penurunan di tahun 2011 seiring dengan pulihnya pasokan komponen dari Thailand dan Jepang.

Hal ini kemudian mendorong penjualan kategori sedan kelas bawah dan menengah seperti Vios, City, Civic dan Camry.

0 comments:

Post a Comment