Monday, February 18, 2013

Pabrikan China Buru Mobil Listrik Amerika

Pabrikan China Buru Mobil Listrik Amerika Washington - Para produsen mobil asal China nampaknya tengah gencar berburu merek-merek internasional. Setelah Geely mendapatkan Volvo, kini perusahaan otomotif asal China lainnya, Dongfeng sedang membidik salah satu produsen mobil sport listrik, Fisker.

Laporan dari Bloomberg seperti dilansir Worldcarfans mengatakan kalau Dongfeng Motor Corp saat ini tengah mempersiapkan dana hingga US$ 350 juta atau sekitar Rp 3,38 triliun untuk membeli 85 persen saham perusahaan mobil listrik asal Amerika, Fisker.

Bila Dongfeng berhasil membeli Fisker, besar kemungkinan produksi mobil listrik Fisker akan dialihkan dari Finlandia ke China.

Namun, meski kabar yang beredar semakin kencang, juru bicara Fisker Roger Ormisher enggan mengakui hal tersebut meski mereka mengatakan kalau ada tawaran dari beberapa pihak dari benua lain yang sedang dievaluasi oleh perusahaan dan penasihatnya.

Selain Dongfeng, perusahaan China lain Wanxiang Group dikabarkan juga tertarik dengan Fisker. Wanxiang Group adalah perusahaan yang membeli perusahaan baterai A123 Systems yang menyuplai listrik untuk mobil listrik terkenal Fisker, Karma.

Terlebih Presiden Wanxiang Pin Ni mengatakan bahwa pihaknya terbuka dan serius untuk membantu Fisker yang saat ini sedang mengalami kesulitan keuangan.

0 comments:

Post a Comment