Monday, February 18, 2013

Penerus Ferrari Enzo Takkan Berharga Murah

Penerus Ferrari Enzo Takkan Berharga Murah Maranello - Produsen mobil kencang memastikan diri akan segera meluncurkan penerus dari mobil legendaris Ferrari Enzo di bulan Maret mendatang. Harga mobil itu pun dipastikan tidak akan murah karena minimal harganya adalah hampir Rp 13 miliar! Itu pun masih sebelum pajak.

Sumber di dalam pabrikan yang bermarkas di Italia itu menyebutkan kalau harga supercar penerus Enzo saat diluncurkan di Geneva Motor Show pada 5 Maret mendatang adalah sekitar 1 juta euro atau Rp 12,9 miliar.

Harga itu menurut si sumber yang dilansir Automotive News adalah harga dasar sebelum pajak alias off the road. Bila ditambah pajak tentu saja angkanya akan semakin besar. Di Italia, harga on the road mobil ini diperkirakan akan mencapai 1,21 juta euro atau sekitar Rp 15,6 miliar.

Meski berharga cukup tinggi, mobil ini diperkirakan tetap akan mudah dijual oleh Ferrari. Sebab, produksi mobil ini akan dibuat dalam jumlah terbatas yakni hanya 499 unit saja atau 100 unit lebih banyak dari Enzo.

Mobil yang memiliki kode nama itu dijanjikan akan menjadi salah satu mobil terkencang di dunia dengan kecepatan mencapai lebih dari 350 km/jam.

Kecepatan itu didapat dari mesin V12 berkekuatan 900 hp yang akan dikawinkan dengan motor listrik dengan sistem hybrid yang dinamakan HY-KERS.

Dengan begitu, meski akan menggendong mesin yang sama, penerus Enzo ini akan lebih kuat dari mobil terkencang Ferrari saat ini, F12berlinetta yang hanya memiliki tenaga 740 hp.

Namun, sistem hybrid HY-KERS akan membuat konsumsi bahan bakarnya 40 persen lebih efisien.

"Untuk memangkas berat, kami akan menggunakan carbon fiber yang digunakan oleh mobil balap Formula One," kata CEO Ferrari Amedeo Felisa seraya menjelaskan kalau sasis mobil ini juga dikembangkan oleh departemen balap F1 Ferrari.

Berkat perpaduan-perpaduan itu, mobil ini pun dipercaya mampu berakselerasi dari diam sampai 200 km/jam hanya dalam waktu 5,5 detik saja, lebih cepat dari pencapaian mobil tanpa HY-Kers yang bisa mencapai 8 detik untu kecepatan yang sama. Kemampuan untuk mencapai 100 km/jam dipercaya akan berada di bawah angka 3 detik.

0 comments:

Post a Comment