Monday, February 18, 2013

Pemerintah Rusia Dorong Produsen Mobil Lokal

Pemerintah Rusia Dorong Produsen Mobil Lokal Jakarta - Tidak seperti Indonesia yang lebih mendukung produsen mobil luar, pemerintah Rusia mendorong para produsen mobil lokal untuk terus berkembang. Pemerintah Rusia bahkan menjanjikan bantuan bagi produsen mobil domestik yang mau melawan merek mobil mewah seperti BMW, Mercy atau Audi.

Saat ini, merek mobil Rusia, Zil sudah ditugaskan untuk membangun sedan lapis baja untuk mobil dinas pejabat Rusia. Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov pun ingin kalau produsen mobil lokal lain memperluas pasar mereka.

Untuk itu, Manturov meminta beberapa produsen mobil Rusia seperti Zil, Marussia atau Gaz untuk membuat merek lokal untuk melawan merek premium internasional seperti Mercedes-Benz, BMW atau Audi.

Dia pun menjanjikan kalau pemerintah akan memberikan dukungan untuk program ini. "Saya berharap bahwa pada akhir babak pertama kami bisa memiliki skenario visi yang ingin kita ambil," katanya seperti dikutip surat kabar lokal Rossiiskaya Gazeta dan dilansir Autonews.

Juru bicara Zil Tatiana Lomakina pun merespon dengan mengatakan kalau Zil saat ini tengah difokuskan pada pembangunan limusin lapis baja untuk Presiden Vladimir Putin Presiden, namun bila ada permintaan pasar, mereka siap melebarkan sayap.

Sementara juru bicara GAZ menolak berkomentar, tapi juru bicara Marussia mengatakan kalau mereka sedang mempelajari permintaan ini.

Dorongan pemerintah Rusia agar pemain lokal main di segmen mobil premium bukanlah tanpa alasan. Sebab, tahun lalu penjualan mobil premium meledak di Rusia dengan BMW dan Mercedes-Benz memimpin pasar diikuti oleh Audi.

Di 2012 penjualan BMW naik 33 persen menjadi 37.515 unit, sedangkan Mercedes-merek meningkat 29 persen menjadi 37.436 dan volume Audi tumbuh 44 persen menjadi 33.512.

0 comments:

Post a Comment