Thursday, March 21, 2013

Etios Valco Bukti Keseriusan Toyota di Indonesia

Etios Valco Bukti Keseriusan Toyota di Indonesia Karawang - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi mengoperasikan pabrik kedua di Karawang, Jawa Barat. Lewat pabrik barunya tersebut sebagai tanda keseriusan Toyota Motor Corporation (TMC) di Indonesia. Pabrik produksi ini untuk produksi city car Etios Valco dan produk global serta komponen mobil Toyota lainnya.

Tentunya tidak hanya berinvestasi demi meningkatan kapasitas produksi, TMC juga telah membangun dan mengembangkan berbagai fasilitas produksi yang lebih modern guna menjamin kualitas produksi yang sesuai standar pasar mobil Indonesia dan global.

Berdirinya pabrik Toyota Karawang kedua ini bagian dari perwujudan komitmen investasi TMC di Indonesia yang dicetuskan Presiden TMC Akio Toyoda ketika berkunjung ke Indonesia pada Nopember 2012 lalu.

Toyota mengumumkan komitmen investasi di Indonesia dengan nilai Rp 26 triliun bertahap sampai 2020. Sebagai tahap pertama akan dikucurkan Rp 13 triliun untuk 5 tahun ke depan yang dananya berasal dari enam perusahaan.

“Kami juga berencana untuk menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor kendaraan Toyota. Pabrik TMMIN Karawang akan memainkan peran yang vital dalam pertumbuhan Toyota secara global di masa mendatang," kata Senior Managing Officer Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang, Takahiro Iwase di Karawang dalam rilis yang diterima detikOto, Jumat (15/3/2013).

Turut hadir Menteri Perindustrian Mohammad S. Hidayat dalam acara peresmian pabrik baru tersebut. Dia berharap Toyota bisa berkontribusi untuk meningkatkan volume ekspor khususnya di pasar ASEAN.

“Hadirnya pabrik baru ini lanjut dia akan mampu meningkatkan nama Indonesia sebagai salah satu negara produsen mobil di regional ASEAN. Semoga sebagai pelopor, TMMIN mampu mengembangkan SDM berkualitas yang dibutuhkan untuk keunggulan kompetitif industri otomotif global," kata Hidayat.

Hidayat juga menyatakan jika angka ekspor kendaraan dari Indonesia mengalami peningkatan. Tahun 2011 ungkap dia, total ekspor kendaraan Indonesia mencapai 107.000 unit dan meningkat menjadi 137.000 unit di 2012. “Kita berharap angka tersebut bisa bertambah sekitar 30 persen pada 2013 dengan adanya pabrik Toyota yang baru ini,” katanya.

Di pabrik tersebut mobil-mobil Toyota melewati konsep Global Quality Project (GQ Project) untuk produksi kendaraannya di Indonesia.

Sementara itu kapasitas produksi pabrik Karawang kedua adalah 70.000 unit per tahun. Toyota menginvestasikan Rp 3,3 triliun rupiah untuk membangun fasilitas produksi terbarunya ini. Target Toyota yakni meningkatkan kapasitas produksi hingga mencapai 120.000 unit per tahun di awal tahun 2014 mendatang.

Dengan demikian total kapasitas produksi Pabrik Karawang Pertama dan Kedua akan menjadi 250.000 unit per tahun. Kapasitas produksi Pabrik Karawang pertama saat ini adalah 110.000 unit per tahun, Toyota berencana meningkatkan kapasitas produksi menjadi 130.000 unit per tahun mulai bulan September 2013.

Sedangkan kehadiran TMMIN Plant II Karawang sebagai basis produksi Etios Valco juga punya arti tersendiri. Bagaimana tidak, diproduksi di pabrik yang lebih modern tentunya dari sisi kualitas produk, mobil Etios Valco akan lebih menjanjikan. Apalagi kendaraan ini didukung oleh rancangan disain yang memang khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

Kandungan lokal dari Etios Valco akan ditingkatkan hingga di atas 60 persen dari saat ini yang baru mencapai 55 persen.

”Kehadiran Etios Valco sejalan dengan upaya Toyota yang terus terus melakukan pengembangan produk demi memenuhi kepuasan pelanggan Indonesia,” kata Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami.
(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment