Wednesday, April 3, 2013

Ikut-ikutan April Mop, Polisi Belanda Minta Maaf

Ikut-ikutan April Mop, Polisi Belanda Minta Maaf Jakarta - April Mop memang saat-saat yang mengesalkan bagi banyak kalangan. Banyak pihak ikut membuat lelucon April Mop, tidak terkecuali kepolisian. Hal itulah yang dilakukan oleh kepolisian Belanda. Namun karenanya, mereka harus meminta maaf pada masyarakat.

Kepolisian Belanda mengeluarkan permintaan maaf setelah sebuah pesan ditayangkan di situs resmi kepolisian. Pesan itu menyatakan kalau 20 mil jalan tol A2 yang melintang antara ibukota Belanda Amsterdam dan Utrecht akan ditutup untuk syuting BBC Top Gear.

http://www.topgear.com/uk/assets/images/core/topgear-cast.png

Top Gear

Syuting Top Gear tersebut menurut pesan palsu itu akan dilakukan untuk mencetak rekor kecepatan dunia baru di jalan umum pada 1 April guna mencapai rekor kecepatan 432,9 km/jam.

Al hasil, masyarakat pun langsung bertanya-tanya mengenai kebenaran hal tersebut.

"Ini jelas bukan niat kami. Itu adalah aksi tunggal dari seorang rekan yang tidak berpikir tentang konsekuensinya," kata juru bicara kepolisian seperti detikOto kutip dari Daily Mail, Rabu (3/4/2013).

Belanda sendiri memang dikenal suka membuat lelucon di saat April Mop. Kesukaan itu berakar sejak 440 tahun lalu saat Belanda berperang dengan Spanyol untuk merebut kemerdekaan mereka.

Pada 1 April 1572 pemberontak Belanda merebut kota Den Briel yang menandai kemenangan dalam perjuangan terhadap Spanyol dan garnisum yang dipimpin oleh Lord Alva.

Setelah kemenangan itu, lelucon 1 April pun bermula. Lelucon pertama adalah 'Op 1 april, Verloor Alva zijn Bril' atau 'Pada 1 April, Lord Alva kehilangan kacamatanya'. Kata Bril dalam kalimat itu bisa berarti kacamata dan Briel, nama kota.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment