Wednesday, April 3, 2013

Kendaraan untuk Orang yang Malas Jalan Kaki

Kendaraan untuk Orang yang Malas Jalan Kaki Seoul - Produsen mobil Hyundai mencoba berinovasi dengan memperlihatkan kendaraan komuter personal yang mereka beri nama E4U. Dengan kendaraan ini, tiap orang di masa depan tidak perlu lagi berjalan kaki.

Dikutip dari Tech On! Nikkei, Hyundai Motor Co memperlihatkan personal mobility vehicle mereka itu di Seoul Motor Show 2013. Kendaraannya didesain sendiri oleh Advanced Design Department perusahaan Korea itu.

Adapun inisial 'E' pada namanya adalah representasi kata 'egg', evolution atau ecology. Merek-merek lain seperti Toyota, Honda dan GM diketahui juga mengembangkan kendaraan sejenis.

Karena ini E4U ini adalah kendaraan personal, maka hanya satu orang yang dapat mengendarainya. Uniknya, mobil ini tidak memiliki roda seperti roda pada umumnya, namun menggunakan 'bola' yang membuat mobil dapat berputar ke segala arah dengan lebih mudah.

Namun untuk mencegah kendaraan berputar-putar terus, maka ada dua roda belakang sebagai pengaman. Roda belakang ini berfungsi seperti rotor ekor helikopter.

Sementara untuk pengendaliannya, para pengendara dapat mengendalikan kendaraan berbentuk unik ini dengan kakinya. Bila ingin maju atau mundur serta berbelok ke kiri atau kanan, pengendranya hanya tinggal menggerakkan kedua kakinya.

Tapi, karena sistem pengendalian ini tergolong masih baru, maka Hyundai mengatakan kalau pengendaranya perlu berlatih dan membiasakan diri membawa E4U agar bisa berfungsi sesuai keinginannya.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment