Friday, April 12, 2013

Korea Utara Juga Punya Perusahaan Otomotif

Korea Utara Juga Punya Perusahaan Otomotif Jakarta - Korea Utara dalam beberapa waktu belakangan selalu mendapat pemberitaan yang negatif. Namun untuk industri otomotif, Korea Utara ternyata juga sudah memiliki industri mobil sendiri.

Perusahaan otomotif Korea Utara itu bernama Pyeonghwa Motors yang dalam bahasa Korea Utara berarti perdamaian.

Perusahaa ini sendiri didirikan pada tahun 1999 sebagai usaha patungan Sun Myung Moon Unification Church dari Korea Selatan bersama perusahaan pemerintah Korea Utara bernama Ryonbong General Corporation.

Pyeonghwa Motors inilah yang sampai saat ini --meskipun sudah keluar dari bisnis ini-- menjadi satu-satunya perusahaan yang memegang hak untuk membangun, membeli atau menjual mobil bekas.

Secara keuangan, perusahaan ini pernah sukses dan menghasilkan keuntungan. Kapasitaas produksi pabrik Pyeonghwa Motors mencapai 10.000 unit per tahun meski data di 2003 hanya 314 mobil yang diproduksi dan mendekati 400 unit di 2005. Data terbaru sendiri tidak ditemukan.

Ada beberapa mobil yang mereka produksi antara lain versi rebadged dari SsangYong Chairman, serta rebadged dari W210 Mercedes-Benz E-Class.

Kendaraan lain yang mereka produksi merupakan rebadged dari merek China, Brilliance serta versi lama dari Toyota Hiace.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment