Friday, April 12, 2013

'Mobil Toyota di Indonesia Masih Aman dari Recall'

Jakarta - Toyota, Nissan, Honda dan Mazda kompak mengumumkan ada penarikan kembali mobil-mobil mereka karena ada masalah di airbag. Namun untuk Indonesia, PT Toyota Astra Motor mengatakan kalau hingga saat ini, mobil Toyota di Indonesia masih aman.

Ada total 3,4 juta mobil yang ditarik oleh Toyota, Nissan, Honda dan Mazda di seluruh dunia karena adanya masalah airbag yang disalurkan oleh Takata Corp. Toyota menarik 1,73 juta mobil yang diproduksi antara November 2000 sampai Maret 2004.

"Memang benar ada pemanggilan kembali mobil-mobil Toyota di seluruh dunia. Itu mobil-mobil yang diproduksi antara 2000-2003, jadi model lama," kata GM Marketing Corporate Planning Costumer Relation PT Toyota-Astra Motor Widyawati Soedigdo kepada detikOto, Jumat (12/4/2013).

"Tapi Indonesia tidak ada dalam daftar pemanggilan itu," jelas wanita yang biasa disapa Wiwied tersebut.

Lebih lanjut Wiwied mengatakan kalau pihaknya saat ini masih menunggu kepastian perintah recall itu dari Toyota Motor Corp (TMC). Hingga saat ini, memo internal dari pusat belum ada yang terkait recall.

"Kita juga sudah menanyakan, tapi mereka memang belum kirim surat internal, karena kalau memang Indonesia masuk daftar, kan biar kita cepat persiapkan semuanya. Kalau dilihat dari penjelasan TMC, Indonesia tidak masuk daftar," ujar Wiwied.

Di Amerika Serikat mobil-mobil Toyota seperti Toyota Corolla, Corolla Matrix, Sequoia dan Tundra serta Lexus SC 430 ditarik. Sementara di Inggris, Toyota Yaris juga terkena recall.

Sementara itu, UMW Toyota Motor (UMWT) yang merupakan distributor Toyota di Malaysia juga sudah mengumumkan akan melakukan penarikan kembali terhadap 18.700 mobil Toyota Camry dan Corolla Altis tahun 2000-2003.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment