Tuesday, April 30, 2013

Remaja Lebih Takut Kehilangan HP Ketimbang Mobil

Remaja Lebih Takut Kehilangan HP Ketimbang Mobil Detroit - Gadget kini dianggap lebih menarik dibanding mobil bagi remaja Amerika. Ketika disuruh memilih antara iPhone atau sebuah mobil, maka iPhone yang akan dipilih.

"Aku lebih sering tinggal di dekat rumah kecuali untuk latihan sepak bola, dan kemudian ibu atau ayah yang mengemudi," kata gadis 16 tahun bernama Allison Katz seperti detikOto kutip dari Detroit News.

Hal ini tentu memperlihatkan pergeseran budaya di Amerika Serikat sekarang ini. Sebab tiga puluh tahun yang lalu, hampir setengah dari remaja berusia 16 tahun sudah memiliki SIM. Sebuah 'paspor menuju kemerdekaan'.

Namun pada tahun 2010 angka itu turun menjadi 28 persen, menurut penelitian dari University of Michigan.

Pergeseran budaya di kalangan remaja ini merupakan hasil dari teknologi yang membuat remaja terhubung satu sama lain dan hal-hal baru yang keren tanpa perlu masuk ke mobil.

Bagi remaja jaman dulu, mengemudi adalah bentuk kebebasan karena dia bisa pergi kemana saja dan melakukan apa yang dia mau serta bertemu dengan orang yang diinginkan. Namun internet telah membuat hal itu tidak perlu dilakukan dengan keluar rumah. Di kamar pun bisa.

"Internet telah membuat kebebasan datang dengan antiklimaks," kata konsultan tren marketing dan marketing perusahaan perangkat lunak HubSpot Lindsey Kirchoff.

Memudarnya minat generasi muda dalam mengemudi ini membuat takut industri otomotif karena ini akan memiliki konsekuensi jangka panjang yang serius untuk penjualan otomotif di masa depan.

Hal itu memang serius. Sebab, menurut data CNW Research, pengemudi berusia 15-20 tahun pada tahun 1985 di Amerika telah menyumbang 3,4 persen dari total penjualan mobil baru atau sekitar 500.000 kendaraan. Kini angka itu turun. Di tahn lalu hanya 2 persen yang disumbangkan remaja dalam penjualan total di Amerika atau 300.000 kendaraan.

Terlebih, bila dahulu status sosial dilihat dari mobil apa yang digunakan, kini status itu sudah bergeser. Bukan lagi membicarakan berapa horsepower yang dimiliki sebuah mobil, tapi berapa gigabite yang dimiliki sebuah gadget. iPad terbaru dengan layar Retina lebih seksi dibanding BMW.

Menurut survei yang dilakukan Zipcar, tiga perempat dari orang berusia 18-34 tahun kini lebih suka berbelanja online daripada ke toko. Bila disuruh memilih antara lebih baik kehilangan ponsel atau komputer atau mobil, maka 65 persen kompak menjawab lebih baik kehilangan mobil.

"Ini adalah generasi Xbox," kata Scott Griffith, mantan kepala eksekutif Zipcar. "Mereka mengatur kehidupan sosial mereka dengan mudah di jalan raya informasi seperti yang kita lakukan di jalan raya beraspal," lugasnya.

Pada tahun 1983, 69 persen dari remaja 17 tahun sudah memiliki lisensi. Angka itu kemudian turun menjadi hanya 46 persen pada tahun 2010. Sementara remaja 18 tahun, persentase memiliki SIM menurun dari 80 persen pada tahun 1983 menjadi 61 persen pada tahun 2010.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment