Wednesday, April 10, 2013

Toyota Sewot Ford Focus Disebut Mobil Terlaris 2012

Toyota Sewot Ford Focus Disebut Mobil Terlaris 2012 Jakarta - Saling klaim antara produsen mobil kembali terjadi. Untuk kedua kalinya dalam setahun terakhir Toyota dan Ford beradu argumen soal mobil terlaris di dunia pada 2012

Ford sebelumnya dalam siaran pers menyebutkan Focus sebagai mobil terlaris tahun lalu. Hal ini dibantah keras oleh pabrikan Jepang Toyota. Toyota mengakui penjualan Ford tidak melebihi penjualan Corolla tahun lalu.

Seperti diberitakan, Ford Focus diberitakan sudah menjual sebanyak 1.020.410 Focus tahun lalu di dunia berdasarkan hasil perhitungan R.L. Polk & Co yang berbasis di Detroit, Amerika Serikat.

Namun mendengar kabar tersebut Toyota menyanggahnya dan menyebutkan Toyota Corolla-lah pemenangnya dengan hasil penjualan 1,16 juta Corolla telah terjual di tahun lalu.

"Toyota menjual 1,16 juta Corolla secara global di 2012," ujar Vice President of Communication Toyota USA Mike Michels di Bloomberg dan dilansir autovolution.

"Jumlah mobil Corolla yang terdata di Polk kurang hampir 300.000 unit. Perbedaan ini mencolok dan kami meminta klarifikasi," ujarnya.

Menurut Polk, Ford terjual sebanyak 1.020.410 Focus sementara Toyota menjual 872.774 unit Corolla.

Perbedaan data ini bisa terjadi karena Polk tidak memasukkan data-data model Corolla lain seperti Corolla Axio dan Corolla Altis yang dijual di ASEAN.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment