Wednesday, April 10, 2013

Maserati Ghibli, Lawan Tanding BMW Seri 5

Maserati Ghibli, Lawan Tanding BMW Seri 5 Shanghai - Maserati akhirnya memperlihatkan mobil anyar mereka, Maserati Ghibli. Mobil ini adalah lawan bagi BMW Seri 5 dan akan diperlihatkan ke publik tidak sampai 2 minggu lagi.

Sebagai permulaan, mobil yang akan memulai debut di Shanghai Motor Show di 20 April ini sudah mulai dibocorkan tampangnya oleh Maserati melalui foto-foto yang diedarkan.

Secara desain, Maserati Ghibli ini tampak banyak terinspirasi dari desain Quattroporte terbaru. Hal itu tampak terlihat pada garis desain di depan dan samping.

Di dalam kabinnya, inspirasi Quattroporte tampak makin kental dengan hadirnya desain yang mirip pada konsol tengah dan instrument cluster. Kedua model itu juga memiliki fitur layar sentuh 8,4 inci yang digunakan untuk mengontrol sistem infotainment Maserati.

Sementara di balik kapnya hadir pilihan mesin V6 berkapasitas 3.0 liter dengan dua turbocharged. Maserati juga menawarkan mesin diesel untuk mobil ini yang menjadikannya mobil bermesin diesel pertama milik Maserati.

Selain mesin V6, Maserati dikabarkan juga tengah mempertimbangkan untuk mengaplikasi mesin V8 ke Ghibli. Namun yang jelas, semua mesin tadi nantinya akan dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-speed yang dikembangkan oleh ZF.

Nantinya, mobil ini akan menjadi lawan Mercedes-Benz E-Class, BMW 5-Series dan Audi A6 yang akan bertugas untuk menggenjot penjualan Maserati di dunia, terutama di Amerika Utara dan Asia.

Mobil yang akan dimasuk ke showroom global mulai akhir tahun ini namanya diambil dari nama panggilan yang dibuat Maserati pada 1966 dan 1992 yang artinya pada angin paas yang berhembus melalui sahara.

Pesawat pengintai Italia yang digunakan dalam Perang Dunia II juga yang dijuluki dengan nama Ghiblis.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment