Friday, May 17, 2013

Sistem Infotaiment Mobil di China Pancarkan Radiasi Negatif

Sistem Infotaiment Mobil di China Pancarkan Radiasi Negatif China - Sistem infotaiment di mobil-mobil di China ternyata mampu memancarkan radiasi negatif. Akibatnya, ketika menggunakan sistem infotaiment sambil berkendara, para pengendara bisa terkena radiasi yang dapat menyebabkan pusing, insomnia dan kerusakan pada organ reproduksi dalam jangka panjang.

Badan Pengawasan Kualitas, Inspeksi dan Karantina atau General Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine China mengatakan kalau mereka telah menemukan beberapa sistem infotaiment yang mampu memancarkan radiasi negatif seperti tadi.

Tes yang dilakukan pada produk-produk dari 81 perusahaan China menunjukkan kalau banyak sistem infotainment yang memancarkan angka radiasi yang berlebihan Ketika fungsi multimedia seperti radio atau GPS diaktifkan.

Produk cacat ditemukan di banyak mobil di pasar Cina termasuk milik BMW, Mercedes-Benz dan Buick.

Produsen komponen menyalahkan plastik yang digunakan dalam desain eksterior sistem infotainment itu bisa membuat perangkat itu menimbulkan radiasi yang berlebihan.

"Saat ini tidak ada standar wajib bagi industri terkait GPS. Perusahaan saya ingin tinggal di pasar untuk jangka panjang, tetapi kita perlu mengetahui standar untuk diikuti," kata Zheng Changzheng yang merupakan direktur produsen komponen Long Hang Technology Co seperti dikutip China Global Times.

Industri komponen sepakat, enggan menghabiskan bahkan walau itu hanya satu sen karena itu menurut mereka akan menimbulkan risiko kehilangan pangsa pasar karena menawarkan produk yang lebih mahal ditengah kompetisi industri sektor ini yang sangat ketat.

Beberapa sistem infotainment yang diproduksi oleh perusahaan yang sedang diselidiki di China juga ditemukan di mobil yang dijual di Eropa dan Rusia. Tapi karena untuk pasar lain sistem ini dibangun dengan standar yang ketat, maka dilaporkan tidak terpengaruh oleh isu radiasi.

(syu/lth)

0 comments:

Post a Comment