Tuesday, June 25, 2013

Mercy: A-Class Bisa Saja Dirakit di Indonesia

Mercy: A-Class Bisa Saja Dirakit di Indonesia Bogor - Sejak generasi pertama Mercedes-Benz A-Class menginjakan kakinya di Indonesia atau tepatnya tahun 1997 hingga kini generasi ke-3 lahir, statusnya masih Completely Built-Up (CBU) dari Jerman.

Adakah rencana PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) untuk melakukan perakitan lokal atau Completely Knock Down (CKD) di pabrik MBI di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat?

Deputy Director Corporate Communication & Public Affairs MBI Elvera N. Makki mengatakan tidak menutup kemungkinan kalau A-Class dirakit secara lokal di Indonesia.

"Saat ini masih CBU, keputusan kami untuk dari CBU ke CKD banyak sekali pertimbangannya dan prosesnya tidak singkat karena dibutuhkan juga pengkajian dan juga persetujuan dari pihak prinsipal," ujar Vera di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Dijelaskannya, untuk merakit secara lokal model lain seperti C, E dan S-Class juga tidak mudah dan prosesnya melewati beberapa tahapan. Prosedurnya memang seperti itu.

"Mercy C,E, dan S-Class sampai akhirnya bisa CKD itu prosesnya melewati beberapa tahap hingga yang terakhir ML-Class akhirnya kita CKD-kan itu juga melalui beberapa proses dan pertimbangan," timpalnya.

Jadi semua model yang di pasarkan di Indonesia atau yang belum hadir dijual di Indonesia bisa saja di rakit secara lokal atau CKD. "Kita tidak pernah menutup kemungkinan untuk melakukan perakitan lokal bagi Class-class yang masuk ke Indonesia," katanya.

Ketika ditanya lagi apa salah satu yang menjadi pertimbangan untuk melakukan CKD di Indonesia?

Vera menjelaskan, salah satu pertimbangan dari Mercy dalam melakukan perakitan lokal adalah demand yang tinggi. "Contohnya ML 250 kemarin, itu permintaanya tinggi jadi kita rakit secara lokal supaya mudah dimiliki banyak orang di Indonesia," tukasnya.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment