Tuesday, June 25, 2013

Rawan Terbakar, GM Tarik Ratusan Ribu mobil

Rawan Terbakar, GM Tarik Ratusan Ribu mobil Jakarta - Akibat rawan terbakar, General Motors (GM) terpaksa harus menarik (recall) ratusan ribu mobil mereka di Amerika. Mobil-mobil GM yang ditarik ini diketahui rentan korslet yang bisa menyebabkan mobil terbakar.

Ada sekitar 193.652 mobil model Sport Utility Vehicle (SUV) yang ditarik GM di Amerika Serikat. Ini adalah perluasan dari recall 250.000 mobil yang juga sudah mereka lakukan pada musim panas tahun lalu.

Penarikan ini mempengaruhi Chevrolet Trailblazer, GMC Envoy, Buick Rainier, Saab 9-7x dan Isuzu Ascender model tahun 2006-2007 serta versi long-wheelbase dari Chevrolet Trailblazer EXT dan GMC Envoy XL mulai dari model tahun 2006.

Korslet yang mungkin terjadi di mobil-mobil tersebut karena adanya potensi kebocoran air di pintu dimana air yang merembes bisa membuat korosi pada logam di mobil serta menyebabkan korslet pada perangkat elektrik di power window dan door lock switch. Hal inilah yang menyebabkan potensi kebakaran timbul.

Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengatakan kalau potensi kebakaran itu bisa saja terjadi bukan hanya saat mobil sedang menyala, tapi juga bisa terjadi kapan saja meski mobil sedang tidak digunakan.

Karena itulah, NHTSA menyarankan agar pemilik mobil-mobil tadi tidak memarkir mobilnya di dalam garasi, tapi di luar agar tidak menyebabkan kebakaran rumah bila mobil benar-benar terbakar.

Dengan begitu, todal sudah 443 ribu mobil yang ditarik GM karena masalah ini setelah 58 kebakaran dilaporkan timbul dan melukai 2 orang.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment