Tuesday, June 4, 2013

Wanita Muda Lebih Berisiko Tewas dalam Kecelakaan

Wanita Muda Lebih Berisiko Tewas dalam Kecelakaan Detroit - Kabar buruk untuk para wanita muda. Penelitian terbaru menemukan fakta kalau pengendara wanita muda ternyata lebih rentan tewas saat kecelakaan dibanding dengan pria muda.

Paling tidak itulah hasil penelitian yang didapat oleh Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). NHTSA menemukan kalau pengendara wanita berumur 21-30 tahun 25,9 persen lebih rentan tewas dibanding dengan pengendara pria.

Kemungkinan hidup yang lebih besar bagi pria menurut NHTSA sebenarnya lebih disebabkan karena pria lebih mampu bertahan saat mengalami cedera serius dibanding wanita.

Namun kemampuan itu berangsur akan menurun selama berjalannya waktu. Hasil studi juga menyebutkan kalau setelah umur 35 tahun kemampuan bertahan terhadap cedera seorang pria akan berkurang dan pada usia 70 akan membuat potensi kematian diantara pengendara pria dan wanita akan setara.

Bahkan di rentang usia 65-74, pengemudi wanita memiliki risiko 1,4 persen lebih rendah daripada laki-laki di usia tersebut.

"Perempuan dewasa muda lebih rentan dibandingkan laki-laki pada usia yang sama, tetapi di kemudian hari kerapuhan wanita berkurang sedikit dibanding laki-laki," kata NHTSA dalam penelitian ini seperti detikOto kutip dari USA Today.

NHTSA menemukan kalau pengemudi pria berumur 75 tahun lima kali lebih mungkin tewas pada saat kecelakaan dibanding pria 21 tahun. Demikian pula wanita, seorang wanita tua empat kali lebih mungkin meninggal dibandingkan wanita 21 tahun.

Meski begitu, banyaknya fitur keamanan di mobil-mobil modern telah menyurutkan angka kematian di jalan dengan signifikan. Terlepas dari jenis kelamin, risiko kecelakaan di Amerika turun 42 persen dari 1995 sampai 2002.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment