Tuesday, June 4, 2013

Merek China Berambisi 'Habisi' Jeep

Merek China Berambisi Beijing - Pasar mobil China saat ini adalah pasar mobil terbesar di dunia. Melihat potensi negaranya yang besar, sebuah merek mobil China optimistis kalau penjualan SUV Jeep akan mereka kalahkan dalam beberapa tahun ke depan.

Merek mobil Haval yang dimiliki oleh Great Wall Motor Co. percaya kalau mereka akan mampu menandingi penjualan Jeep dan menjadi merek SUV terlaris di dunia dalam 3-4 tahun ke depan.

Berkat keyakinan yang besar tersebut, bilioner China Wei Jianjun yang merupakan Chairman Great Wall pun mulai membangun pusat riset terbaru yang berukuran 35 kali luas lapangan sepakbola di kota Boading, 160 km dari Beijing.

Dengan lahirnya pusat riset baru ini, Great Wall juga berniat untuk menambah jumlah insinyur mereka hingga 40 persen menjadi 10.000 insinyur.

"Kami ingin Haval memiliki velue for money tertinggi," kata Wei seperti dikutip Bloomberg dan dilansir Autonews.

Wei yang merupakan orang terkaya kelima di China dengan kekayaan US$ 6,6 miliar mengatakan kalau Great Wall tahun lalu mencetak rekor keuntungan berkat lonjakan penjualan SUV yang mencapai angka 90 persen.

Hal ini dipicu ketertarikan konsumen China pada mobil yang mampu memberikan lebih banyak ruang dibandingkan sedan. Alhasil, keuntungan Great Wall pun meningkat hingga 66 persen.

Namun, analis berpendapat kalau Great Wall ingin mewujudkan ambisinya, maka mereka harus memperkuat kehadiran mereka di Eropa dan Amerika untuk mengimbangi tingginya penjualan mereka di negara berkembang. Sebab, penjualan SUV Great Wall sekarang hanya setengah dari penjualan Jeep.

Tahun fiskal yang berakhir pada Maret lalu Great Wall tercatat menjual 279.956 unit SUV, masih dibawah Land Rover yang menjual 316.000 SUV dan Jeep yang melepas 701.626 unit.

Meski kalah dalam hal angka penjualan, Great Wall menurut Wei masih memiliki banyak potensi terlebih mereka berencana menghabiskan 5 miliar yuan hingga 2015 mendatang untuk mengembangkan produk dan memperkuat peneltian teknologi terbaru.

Karena, Great Wall ingin mengembangkan teknologi sendiri agar mendapat banyak hak paten. Sebab, inilah yang menurut Wei menjadi kunci pada strategi produk mereka.

"Banyak mobil terkemuka di dunia yang berbasis di kota-kota kecil atau di pedesaan. Baoding adalah sebuah kota kecil, tapi kami percaya bahwa kami akan menjadi perusahaan yang sangat baik," lugasnya.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment