Monday, July 15, 2013

'Datsun Berbeda dengan Nissan'

Jakarta - Produsen mobil Nissan menegaskan kalau Nissan dan Datsun berbeda. Nissan tidak sama dengan Datsun dan Datsun tidak sama dengan dengan Nissan.

Nissan sendiri baru saja memperlihatkan model pertama mobil Datsun di India dengan harga hanya 400.000 rupee atau sekitar Rp 66 jutaan. Model pertama yang diberi nama Datsun GO tersebut mengambil model hatchback.

Meski tergolong murah, harga mobil Datsun GO masih kalah murah dari Tata Nano yang saat ini masih menjadi mobil termurah sejagat.

"Kami mencoba untuk menjaga posisi harga yang kompetitif untuk Datsun, sehingga produk menarik," kata Direktur Nissan untuk Datsun Ashwani Gupta seperti dikutip Reuters.

Langkah Nissan melahirkan kembali merek Datsun untuk memproduksi mobil murah pada negara-negara berkembang dilakukan untuk menghindari citra mobil murah pada merek mereka.

Mereka mengatakan kalau penggunaan merek yang terpisah ini efektif untuk melindungi citra merek Nissan. Selain itu, merek Datsun sudah memiliki sejarah panjang sejak lahir 1930an.

"Kami melayani pelanggan yang berbeda dengan Datsun. Itu sebabnya kami datang dengan merek yang berbeda," kata juru bicara Datsun Tatjana Natarova.

Tapi, meski berharga murah, merek yang akan diproduksi di India, Rusia, Indonesia dan Afrika Selatan ini tidak mau disandingkan dengan mobil murah India, Tata Nano.

Karena harga murah itu pula Gupta mengakui kalau mobil Datsun tidak akan memiliki fitur yang terlalu wah untuk menyesuaikannya dengan pasar mobil murah yang mereka targetkan dan untuk mobil yang harganya terjangkau.

Sehingga Nissan kemungkinan akan menghindari mengembangkan teknologi baru untuk Datsun. Sebaliknya, mereka akan mencoba menggunakan teknologi-teknologi dasar.

Datsun GO sendiri hadir dengan mesin 1.2 liter yang disandingkan dengan transmisi 5-speed. Mobil ini memiliki panjang 3.785 mm, lebar 1.635 mm dan tinggi 1.485 mm dengan wheelbase 2.450 mm.


(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment