Monday, July 8, 2013

Kaca Mobil Bakal Jadi Display

Kaca Mobil Bakal Jadi Display Detroit - Inovasi teknologi di industri otomotif bakal membuat kendaraan bagai di film fiksi. Nantinya, kaca depan mobil bakal menampilkan banyak informasi untuk pengemudi. Jadi, si pengemudi tidak perlu lagi melirik panel informasi di dashboard.

Dilansir Detroit News, teknologi yang dinamakan Head-Up Display (HUD) tersebut diperkirakan akan menjadi tren di masa depan.

Saat ini teknologi HUD sebenarnya sudah diapliksi di mobil, namun persentasenya baru 2 persen dari total mobil yang terjual di Amerika Serikat saja. Di tahun 2020 nanti angka itu bakal naik menjadi 9 persen.

Pada teknologi HUD, kaca depan mobil akan menampilkan berbagai informasi yang biasa ada di panel indikator seperti speedometer digital, informasi audio hingga peta navigasi.

Selain itu, HUD juga kan menampilkan informasi yang bisa memperingatkan pengemudi terkait banyak hal, termasuk jika pengendara terlalu dekat dengan kendaraan di depan mereka.

Ide teknologi ini adalah untuk meminimalisasi 'gangguan mengemudi'. Jadi bila sebelumnya pengemudi harus memperhatikan konsol audio di tengah dashboard bila ingin mengganti lagi, di teknologi ini, pengemudi hanya perlu terus fokus ke depan dimana kaca depan akan menampilkan berbagai hal dan hanya perlu memilih lagu dari tombol di roda kemudi.

Teknologi ini diperkirakan akan menjadi standar di banyak mobil. Merek-merek seperti Cadillac dan Buick atau BMW, Mercedes dan Audi juga menawarkan teknologi tersebut.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment