Wednesday, July 17, 2013

Seputar Masalah Roof Rail, BBM, dan Rem Daihatsu Terior

Seputar Masalah Roof Rail, BBM, dan Rem Daihatsu Terior Jakarta - Hallo detikOto, saya pengguna Daihatsu Terios TS 2012. Ada beberapa hal yang ingin ditanyakan.

1. Jika pemasangan roof rail secara terpisah (bukan bawaan pabrik) apakah tidak kuat untuk angkut barang dan hanya sebagai variasi? Meski setelah pemasangan roofrail nantinya juga akan ada roofrack?
2. Konsumsi BBM pada Terios saya setelah dihitung sekitar 1:8,1 apakah hal tersebut normal? jika saya lihat di beberapa forum (terios lama) itu bisa mencapai 1:13. Sudah melakukan eco driving, adakah cara lain agar konsumsi BBM tidak terlalu berlebihan?
3. Terkadang pada rem kaki bunyi "grek" itu biasanya pada pagi hari ketika ingin memanaskan mobil dan menginjak rem.

Terima kasih
Mahardhika

Jawaban
Hallo juga Mahardhika, salam detikOto. Saya coba bantu jawab satu-satu ya.

Pemasangan roof rail atau roof rack selama benar dan partnya memang diperuntukan untuk mobil tersebut maka akan aman digunakan.

Kalau soal kekuatan dan daya tahan semua tergantung kepada spesifikasi produknya.

Biasanya setiap produk akan mencantumkan daya muat dan daya tahan dari produk tersebut, gunakanlah sesuai dengan rekomendasi dari produsennya.

Mengenai konsumsi BBM, apakah angka tersebut apakah untuk penggunaan dalam kota? Kalau untuk penggunaan dalam kota 1:8 saya pikir masih batas yang wajar untuk Terios.

Untuk kondisi jalan macet seperti di Jakarta konsumsi BBM Terios 1:13 rasanya tidak masuk akal dan enggak mungkin tercapai.

Kecuali untuk pemakaian luar kota bisa mencapai angka tersebut dan mungkin bisa lebih.

Yang pasti untuk penghematan tidak semata mengendarai secara eco drive tetapi perawatan mobil itu juga sangat penting agar kondisi mesin tetap prima.

Menjawab pertanyaan terakhir bunyi grek pada rem di pagi hari bisa jadi dikarenakan sebelumnya rem dalam keadaan terkunci (rem tangan) dalam keadaan dingin ketika rem dibuka terkadang menimbulkan bunyi. Lakikan service rem pastikan bersih dari kotoran.

Demikian semoga membantu
Salam
Ajat Sudrajat


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment