Wednesday, July 17, 2013

Belasan Mobil Super Punya Koruptor Dilelang

Belasan Mobil Super Punya Koruptor Dilelang Paris - Banyak cara koruptor untuk membelanjakan uang panas yang dia jarah dari rakyat. Ada yang 'mencuci' dengan membeli tanah, perhiasan dan sebagainya. Seharusnya harta itu disita dan dilelang agar dapat dikembalikan ke rakyat. Seperti yang terjadi pada belasan mobil mewah ini.

Dikutip dari IB Times, putra dari diktator di salah satu negara kaya minyak di Afrika, Equatorial Guinea, yang ditangkap di Prancis di 2011 lalu karena dugaan pencurian dana publik dilelang di Paris. Hasilnya, dana 3,1 juta euro atau sekitar Rp Rp 40,6 miliar terkumpul.

Adapun mobil yang dilelang oleh rumah lelang Drouot itu adalah dua Bugatti, dua Bentley, Rolls-Royce, Ferrari, Porsche, dan Maserati serta Maybach. Sebagian besar mobil-mobil itu baru digunakan sebentar. Hal itu terlihat dari angka km yang ada di odometernya masih sedikit, bahkan ada yang belum dipakai sama sekali.

Mobil-mobil tersebut disita oleh penyidik pada tahun 2011 setelah kepolisian Prancis mencium usaha Presiden Teodoro Obiang Nguema Mbasogo untuk menjadikan Prancis sebagai tempat dia mengumpulkan uang korupsi.

Hasil korupsi dari negaranya dibelikan mobil, rumah hingga funitur antik di Prancis. Lukisan karya Degas atau Renoir serta wine mahal juga dibeli. Rumah Teodorin Obiang di Prancis diperkirakan berharga 80 juga euro dengan 101 kamar.

Dokumen kepolisian juga menyebutkan kalau pada bulan November 2009 Teodorin Obiang mengimpor 26 mobil mewah dari AS ke Prancis. Mobil-mobil itu antara lain tujuh Ferrari, empat Mercedes-Benz, lima Bentley, empat Rolls-Royce, dua Bugatti, Aston Martin, Porsche, Lamborghini dan Maserati.

Sebagian dari mobil-mobil ini kemudian dikirim ke negaranya. Sebenarnya hal itu cukup aneh mengingat medan dan jalan di negara Equatorial Guinea lebih cocok menggunakan mobil berpenggerak empat roda.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment