Wednesday, July 17, 2013

Michelin Lahirkan Ban Khusus Motor Sport

Michelin Lahirkan Ban Khusus Motor Sport Jakarta - Penjualan motor sport makin tahun makin berkembang. Produsen ban motor Michelin sadar akan hal itu. Merek Prancis ini pun melahirkan ban baru khusus motor sport.

Head of Sales & Marketing for 2W at PT Michelin Indonesia Bayu Surya Pamugeng Sugar menjelaskan kalau Michelin menawarkan produk ban khusus motor sport yakni Pilot Street Radial.

Ban ini sebenarnya sudah diluncurkan di Thailand bulan Mei lalu dan baru diperkenalkan di Indonesia sekarang.

Berdasarkan hasil tes yang dilakukan lembaga independen Maua Institute of Technology, Michelin Pilot Street Radial memiliki daya tahan 30 persen lebih tinggi dari produk kompetitor sejenisnya.

Sementara hasil tes yang dilakukan DEKRA Test Center menyatakan bahwa Michelin Pilot Street Radial memiliki wet grip terbaik diantara ban yang pernah diuji. Untuk mendapatkan grip terbaik, Michelin Pilot Street Radial menggunakan 100% kompenen Silica pada bahan baku ban.

"Kebutuhan terhadap ban radial untuk motor sport terus meningkat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Melalui Michelin Street Radial kami ingin memberikan produk terbaik yang mampu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengendara di Indonesia," katanya dalam siaran pers.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) total penjualan motor sport sampai semester I-2013 sudah mencapai 514.707 unit.

Di tahun 2012, total penjualan motor sport sebanyak 1.003.446 unit, naik 17,6% dibandingkan tahun 2011 yang mencapai 853.202. Pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang sangat cepat dan didominasi oleh kalangan usia muda akan terus mendorong permintaan motor sport.

Ban Radial sendiri memiliki perbedaan yang mendasar dibandingkan ban biasa yang masih banyak digunakan di negara berkembang seperti Indonesia.

Pada ban radial lapisan kawat tersebar di seputar poros ban. Permukaan puncak terluar tersusun dari beberapa lapisan yang membentuk struktur ban, hal ini menjadikan permukaan puncak terluar dan sisi ban memiliki sifat yang berbeda.

Pada ban biasa, kerangkanya terdiri dari beberapa lapisan kawat yang disusun secara menyilang dengan sudut diagonal terhadap garis tengah lingkaran ban. Struktur antara permukaan puncak terluar dan sisi ban memiliki sifat mekanis yang seragam.

Perbedaan tersebut, menjadikan ban radial memiliki sejumlah keunggulan. Pertama, Saat beradu dengan jalan, dinding ban radial yang fleksibel mampu mencengkram dengan erat. Tapak ban yang lebar juga membuat daya cengkram semakin kuat pada sudut yang lebih kecil, terutama pada saat berbelok.

Kedua, Tekanan pada area kontak permukaan ban radial dengan jalan terdistribusi dengan baik, hal ini akan menghasilkan gesekan yang merata pada permukan ban.

Ketiga, Ban Radial memberikan tingkat pada kecepatan tinggi, dikarenakan sisi ban yang dapat meredam tekstur permukaan jalan. Keempat, Lapisan kawat yang terjalin secara bersambung diseputar permukaan puncak terluar ban membuat ban radial saat dipacu dengan tetap stabil.

"Ban radial sudah menjadi kebutuhan bagi motor sport yang memiliki body dan tenaga yang besar. Kami optimis Pilot Street Radial akan mampu memenuhi harapan konsumen Indonesia akan ban berkualitas dengan harga kompetitif," imbuh Bayu.

Di Indonesia, Michelin Pilot Street akan dipasarkan dengan ukuran mulai dari 60/90 hingga 140/70. Sementaraitu, Michelin Pilot Street Radial dipasarkan dengan ukuran mulai dari 110/70 hingga 140/70.
(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment