Wednesday, July 17, 2013

Volvo Tidak Ingin Ada Lagi yang Tewas karena Kecelakaan

Volvo Tidak Ingin Ada Lagi yang Tewas karena Kecelakaan Jakarta - Produsen mobil Volvo menargetkan pada 2020 tidak boleh ada orang yang meninggal akibat kecelakaan di mobil mereka. Hal itu bisa direalisasi dengan aplikasi berbagai piranti keamanan.

Meski itu tugas yang berat, itulah tujuan Volvo. Sebab, setiap tahun ada 1,3 juta orang yang kehilangan nyawa di seluruh dunia dengan 20-50 juta terluka. Menurut WHO 92 persen dari kecelakaan itu terjadi di jalanan negara berkembang.

Untuk merealisasi tujuan mereka mereka pun memperkenalkan banyak fitur keselamatan. Sebagian besar teknologi baru ini akan ditampilkan dalam generasi kedua XC90 dan akan merembet ke berbagai model lain.

Sementara itu, fitur yang membuat mobil bisa berjalan secara otonom diperkirakan baru bisa terlihat satu dekade lagi

Adapun fitur-fitur keselamatan yang sudah dikembangkan Volvo antara lain fitur animal detection yang bisa mendeteksi hewan di depan mobil agar tidak tertabrak. Fitur ini diciptakan karena di Swedia --negara asal Volvo-- tiap tahun ada 50.000 tabrakan dengan hewan. 6.000 diantaranya menabrak rusa.

Fitur pendeteksi tepi jalan juga dibuat untuk meminimalisasi mobil keluar dari jalurnya. Volvo mengatakan kalau 25 persen dari kecelakaan dipicu oleh mobil yang keluar jalur.

Ada pula fitur pendeteksi pejalan kaki di kegelapan. Ini fitur yang penting dimana mobil bisa mengerem otomatis bila mendeteksi ada pejalan kaki meski situasi gelap.

Di 2016 Volvo juga akan memperkenalkan teknologi yang membuat tiap mobil bisa berkomunikasi dengan begitu, mobil di depan akan memberi peringatan pada mobil di belakang bila ada pengereman mendadak.

Fitur parkir otomatis juga disiapkan agar pengemudi tidak perlu repot memarkir mobilnya. Dengan fitur ini, mobil bisa mencari tempat parkir sendiri setelah pengemudinya turun.

Fitur-fitur ini akan disokong oleh segudang airbag yang sudah dimiliki Volvo. Sebab, seperti diketahui Volvo memang sudah mengaplikasi banyak kantung udara di mobilnya. Bahkan di luar mobil juga sudah ada airbag.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment