Thursday, February 6, 2014

Akibat Produk China, Aston Martin Recall Mobil

Akibat Produk China, Aston Martin Recall MobilJakarta - Akibat suplier asal China yang menggunakan plastik dari bahan yang tidak sesuai standar, Aston Martin terpaksa harus menarik (recall) sebagian besar mobil yang mereka produksi sejak 2007. Total 75 persen mobil yang mereka produksi sejak 2007 harus direcall karena masalah ini.

Aston Martin yang sejak lama dikenal sebagai merek mobil sport mewah terpaksa harus menarik 17.590 mobil mereka akibat masalah pada sub-pemasok mereka.

Untuk mobil dengan stir kiri, mobil yang ditarik adalah mobil yang diproduksi sejak November 2007, sementara untuk stir kanan adalah mobil yang diproduksi sejak Mei 2012.

Mobil-mobil itu tersebar 7.271 unit di Eropa, 5.002 di Amerika Serikat dan sisanya diberbagai belahan dunia lain karena Aston Martin menjual mobil di 41 negara.

Masalah didapati oleh Aston Martin dan dilaporkan ke Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), menyebutkan kalau sub-pemasok Shenzhen Kexiang Mould Tool Co. Ltd. yang membuat pedal akselerator menggunakan plastik yang dibawah standar yang disediakan oleh Synthetic Plastic Raw Material Co. Ltd. asal Dongguan, China.

Perusahaan kimia DuPont Co sampai harus terbang ke China untuk melihat proses produksi karena memang plastik DuPont yang harus digunakan. Laporan menyebutkan kalau ditemukan plastik palsu ditempat penampungan DuPont.

Akibat hal itu, mobil-mobil model tahun 2008-2014 harus ditarik karena pedal akselerator bisa pecah dan meningkatkan resiko kecelakaan.

Juru bicara Aston Martin Sarah Calam di Auto News mengatakan kalau pihaknya belum menerima laporan kecelakaan atau cedera yang berhubungan dengan masalah ini meski ada 22 bagian yang rusak telah dilaporkan.

Recall besar-besaran ini sangat menarik perhatian, selain karena jumlahnya, kenyataan kalau Aston Martin tengah membutuhkan dana untuk mengembangkan berbagai kendaraan baru untuk melawan rival senegaranya, Bentley dan Rolls-Royce.

Aston Martin bahkan berencana untuk memindahkan tempat produksi pedal mereka dari China kembali ke Inggris.

0 comments:

Post a Comment