Thursday, February 6, 2014

Jumlah Mobil di China Lebih Banyak dari Penduduk Indonesia

Jumlah Mobil di China Lebih Banyak dari Penduduk IndonesiaBeijing - Jumlah penduduk Indonesia saat ini sudah mencapai lebih dari 240 juta jiwa. Angka itu ternyata masih kalah dengan jumlah kendaraan yang ada di China.

China Car Times melaporkan kalau jumlah kendaraan di jalan-jalan China kini telah melewati angka 250 juta kendaraan untuk pertama kalinya dengan 31 kota telah memiliki populasi kendaraan melebihi satu juta unit.

Angka dari pemerintah China menampilkan kalau mobil penumpang di sana telah mencapai 137 juta unit atau meningkat lima kali sejak tahun 2003 dan menyumbang lebih dari 54,9 persen dari semua kendaraan yang ada di jalan.

Bila melihat populasinya, kota dengan lebih dari dua juta kendaraan di China antara lain Beijing, Tianjin, Shenzhen, Chengdu, Shanghai, Suzhou, Guangzhou dan Hangzhou. Beijing tercatat untuk memiliki lebih dari lima juta kendaraan di jalananya.

Di sisi lain, dengan jumlah penduduk yang mencapai 1,3 miliar jiwa, ternyata hanya 280 juta orang diantaranya yang telah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) meski sekitar 18.440.000 orang mengambil tes mengemudi mereka pada tahun 2013.

Dengan tingginya populasi kendaraan itu, maka tidak heran bila angka kecelakaan juga tinggi. Terlebih, pengendara yang memiliki pengalaman mengemudi kurang dari 1 tahun ada banyak di jalan dan telah menyebabkan 15 persen dari semua kecelakaan di China tahun lalu, turun sedikit dari 16,7 persen di tahun sebelumnya.

Tapi pengendara yang memiliki jam terbang lebih dari 3 tahun juga telah menyebabkan banyak kecelakaan yakni mencapai 51.000 kecelakaan yang menyebabkan 14.000 orang tewas dan 56.000 cedera.

Sejauh ini hanya Beijing, Shanghai, Guangzhou, Tianjin dan Guiyang telah memperkenalkan pembatasan membeli mobil untuk memperlambat laju pertumbuhan kendaraan di kota masing-masing.


0 comments:

Post a Comment