Thursday, February 6, 2014

Premi Asuransi untuk Mobil Murah Bakal Lebih Mahal?

Premi Asuransi untuk Mobil Murah Bakal Lebih Mahal?Jakarta - Berapa Anda membayar premi asuransi kendaraan Anda, Otolovers? Kabarnya premi asuransi itu akan berubah tarifnya dalam waktu dekat. Kabarnya, semakin murah harga mobil, maka premi yang dibayarkan akan semakin mahal.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menuturkan jika tidak halangan tarif premi ini akan berlaku Maret 2014. Gaikindo merasa perubahan tarif premi ini dipercaya akan menghambat penjualan mobil nasional.

"Bahwa tidak lama lagi akan ada peraturan mengenai asuransi kendaraan bermotor. Makin kecil harga mobilnya, makin besar premi asuransinya," kata Wakil Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto di Jakarta.

"Ini juga satu hal yang akan menjadi kendala penjualan kendaraan bermotor kita. Saya bukan anti asuransi, saya pro asuransi. Maret ini akan diterapkan, tapi saya belum baca secara tuntas, akan ada rate baru, akan membebani bagi mobil kelas bawah," tambahnya.

Menurutnya aturan tersebut akan menghantam penjualan mobil murah atau Low Cost and Green Car (LCGC) karena premi asuransinya akan mahal.

"Tetapi kalau misalnya harga mobil LCGC Rp 100 juta dikenakan rate asuransi katanya 4,5 persen berartikan itu 4,5 juta per tahun. Itu cukup besar," ujarnya.

Dia menamnbahkan penjualan kendaraan bermotor besar kemungkinan akan terhambat akibat aturan tersebut.

"Akan ada peraturan ini dan ini akan memberatkan juga, menambah katakanlah beban penjulaan kendaraan bermotor kita," tutupnya.


0 comments:

Post a Comment