Wednesday, February 5, 2014

Faktor-faktor Ini Bakal Menghambat Industri Otomotif Tanah Air

Faktor-faktor Ini Bakal Menghambat Industri Otomotif Tanah AirJakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi penjualan kendaraan tahun ini bakal mencapai 1,23 juta. Angka itu cuma naik tipis dibandingkan dengan penjualan di tahun lalu yang mencapai 1,22 juta unit.

Wakil Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto menuturkan banyak faktor yang membuat penjualan mobil tahun ini akan datar-datar saja.

"Industri otomotif tahun ini tergantung banyak faktor. Pertumbuhan ekonomi, daya beli, atau inflasi, BI rate, nilai tukar, regional tax (BBN dan PKB), serta general election (pemilu 2014)," yakin Jongkie.

"BI rate kaitannya pada suku bunga perbankan. Kalau kita mau kredit kendaraan bermotor akan naik. Tentunya ada dampak pada penjualan kendaraan bermotor, karena suku bunga naik," lanjut Jongkie.

Dilanjutkan Jongkie selain dibebani beberapa kendala tersebut, industri otomotif 2014 bakal semakin berta dengan berbagai macam isu. Di antaranya isu kenaikan tarif dasar listrik.

Karena itu, Gaikindo tengah memikirkan langkah strategis demi kemajuan industri otomitif 2014.

"Ada lagi isu mengenai tarif dasar listrik. Jadi hal-hal inilah yang membuat kami Gaikindo duduk bersama membahas mengenai industri otomotif. Kami maunya jual sebanyak mungkin. Tapi mau tidak mau tidak, suka tidak kita harus hadapi. Jadi ini kira-kira faktor kunci yang menentkan industri otomotif di 2014," tutupnya.




0 comments:

Post a Comment