Friday, February 14, 2014

Hati-hati Isi Bensin di Daerah Bekas Erupsi

Hati-hati Isi Bensin di Daerah Bekas ErupsiJakarta - Abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud memang sangat berbahaya. Tidak hanya berdampak pada kesehatan manusia, abu vulkanik juga berdampak pada kesehatan motor.

Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin mengatakan selain membersihkan filter udara, pemotor juga harus memperhatikan saat mengisi bahan bakar minyak di SPBU.

"Hati-hati kalau mau isi bensin. Perhatikan tempat pengisian BBM, soalnya lokasi-lokasi ini juga kena abu vulkanik. Ini harus diperhatikan. Abu vulkanik bisa masuk ke tangki bensin lewat corong bensin dan akhirnya merusak mesin," jelas Abidin.

Abidin menjelaskan abu vulkanik juga bisa bisa masuk ke tempat penyimpan BBM, selanjutnya dipompa dan masuk ke tangki mesin motor. Pemilik SPBU tidak sadar kalau abu vulkanik sebegitu jauh mengganggu.

Karena itu lanjut Abidin, lebih baik pemilik motor mengisi bensin jauh dari lokasi bekas erupsi gunung berapi. Kalau tidak ada lokasi pengisian BBM sebaiknya diamkan motor di dalam rumah.

Abu vulkanik diketahui mengandung unsur SiO2 (silika) dan sangat tajam hingga bisa menggores silinder dan piston.

"Kualias BBM harus diperhatikan termasuk tempat pengisiannya. Tempat pengisian bensin bisa terpapar abu vulkani. Kalau bisa beli bensi di tempat yang jauh," tutup Abidin.


0 comments:

Post a Comment