Friday, February 14, 2014

Kenapa Ninja RR Mono Pakai Mesin 250 cc 1 Silinder?

Kenapa Ninja RR Mono Pakai Mesin 250 cc 1 Silinder?Jakarta - Kawasaki baru saja memperkenalkan penerus dari motor sport dua tak, Ninja RR di Indonesia. Tapi kenapa memilih menggunakan hanya 1 silinder di mesin Ninja RR Mono yang keluar di hari Valentine itu?

Assistant Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia Shimada San lalu menjelaskan kalau orientasi dari Ninja RR Mono adalah performa, sesuai dengan citra Ninja RR selama ini.

"Sebenarnya tujuan kita adalah membuat motor yang ringan dan powerfull, itu kenapa pakai mesin 250 cc dengan 1 silinder," ujar

"Dengan 1 silinder, mesin akan lebih ringan. Ini membantu untuk mengurangi berat dari Ninja RR Mono. Di banding Ninja 250, Ninja RR ini beratnya 21 kg lebih ringan," jelasnya.

Terlebih, penggunaan sistem 4 tak untuk menggantikan mesin 2 tak di motor tersebut mampu membuat Ninja RR Mono lebih ramah lingkungan di banding Ninja RR. Bila Ninja RR masih menganut standar Euro2, di Ninja RR Mono standarnya sudah Euro3.

Dari sisi performa, Ninja RR Mono yang menggendong mesin 1 silinder dengan kubikasi 259 cm3. Mesin 4 tak dengan pendingin udara, sistem DOHC serta fuel injeksi ini diklaim mampu melahirkan tenaga sampai 28 PS.

Sementara Ninja RR diperkuat mesin 2 tak berkubikasi 149 cm3 dengan 1 silinder yang memiliki tenaga 28,5 PS. Kekuatan kedua mesin beda kapasitas itu terhitung sangat tipis.

"Kalau kita pakai mesin 4 tak berkapasitas 150 cc seperti Ninja RR, maka powernya akan lebih kecil dibanding yang 2 tak. Itu kenapa kita memilih menggunakan mesin 250 cc," tambahnya lagi.


0 comments:

Post a Comment