Monday, February 24, 2014

MS Hidayat: Produksi Mobil dan Motor Harus Ditingkatkan

MS Hidayat: Produksi Mobil dan Motor Harus DitingkatkanKarawang - Pasar otomotif Indonesia masih seksi dan akan terus berkembang. Pemerintah Indonesia pun menegaskan kalau masih ingin terus meningkatkan produksi dan penjualan mobil serta motor di tanah air.

Menteri Perindustrian MS Hidayat di Karawang menjelaskan kalau industri kendaraan bermotor dalam negeri sudah semakin berkembang dan terus mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Hal ini, lanjutnya, tercermin dari angka penjualan maupun produksi terutama mobil yang terus meningkat di mana penjualan kendaraan bermotor roda empat tahun 2012 telah mencapai 1,1 juta unit dan tahun 2013 telah mampu menembus 1,2 juta unit.

"Angka ini akan terus meningkat sesuai dengan peningkatan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Untuk sepeda motor, Hidayat mengatakan kalau di tahun 2013 ada 8 juta motor yang di produksi di Indonesia. "Kami tidak ingin menyetop produksi tersebut dan ingin meningkatkannya. Tentu saja pembangunan infrastruktur harus dipercepat untuk menampung kebutuhan masyarakat," lanjutnya.

Pasar dalam negeri ini menurut Hidayat harus jadi pendorong bagi pelaku industri otomotif untuk terus mengembangkan industri komponen guna memperdalam industri otomotif nasional. Industri komponen juga harus menjadi kekuatan industri otomotif nasional.

Di sisi lain, Hidayat juga ingin agar Indonesia menjadi basis produksi untuk mobil dan sepeda motor. Dia juga ingin agar pabrik-pabrik yang ada di Indonesia tidak hanya mengekspor kendaraan 'made in Indonesia' ke Asean semata, tapi juga ke seluruh dunia.

"Manfaat besar khususnya bagi indonesia agar di kenal sebagai produsen yang produktif, efektif dan mempunyai output produk yang mendunia," katanya.


0 comments:

Post a Comment