Friday, April 4, 2014

Mobil Mewah Sulit Dilarang Pakai BBM Subsidi

Mobil Mewah Sulit Dilarang Pakai BBM SubsidiJakarta - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi mengajukan usulan agar Kementerian ESDM merevisi Permen ESDM Nomor 1 Tahun 2013, dengan memasukkan mobil mewah dan bus pariwisata pakai BBM subsidi.

Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi mengatakan, tidak mudah bagi BPH Migas untuk melarang mobil mewah pakai BBM subsidi.

"Nggak mudah itu, mobil mewah itu yang punya orang kaya, dan biasanya orang kaya itu susah diatur, beda kalau golongan di bawahnya," ucap Eri dihubungi detikOto Jumat (4/4/2014).

Eri mencontohkan, ketika para pengusaha terutama yang bergulat di pelabuhan, ketika truk kontainer dilarang pakai BBM subsidi, membuat sopir truk demo dan mogok kerja.

"BPH Migas pada saat itu tidak bisa apa-apa juga, diam saja," katanya.

Idealnya menurutnya, harga BBM subsidi dinaikkan bertahap, sehingga efek dari kenaikkan tersebut tidak terlalu memberatkan masyarakat, tetapi sedikit banyak dapat mengurangi beban keuangan negara (APBN).

"Ya kita patut sadar juga, kita sekarang lebih banyak impor BBM dari pada produksi minyak sendiri, nggak masalah BBM murah asal produksi minyak kita banyak, ini kan kebalik memang, harga BBM nya murah tapi impor, impor pakai dolar, makin tertekan lah neraca perdagangan kita," tutup Eri.


0 comments:

Post a Comment