Friday, April 4, 2014

Usaha Cuci Mobil Ternyata Sudah Dimulai Sejak 1 Abad Lalu

Usaha Cuci Mobil Ternyata Sudah Dimulai Sejak 1 Abad LaluJakarta - Sejak mobil pertama kali diciptakan lebih dari satu abad yang lalu, pemiliknya pasti sudah mencuci mobil sendiri. Tapi siapa sangka kalau 'cuci mobil profesional' sudah ada sejak lama. Tahun ini umur usaha ini sudah mencapai angka 1 abad.

Mobil yang diyakini sebagai mobil pertama di dunia adalah Carl Benz. Mobil beroda tiga yang diperlihatkan pada 1885. Tapi usaha pencucian mobil profesional ternyata baru ada tiga dekade setelahnya.

Usaha cuci mobil profesional yang pertama diyakini lahir pada tahun 1914 ketika Frank McCormick dan J.W. Hinkle bekerja sama untuk memulai usaha 'Automobile Laundry.'

Usaha sejenis pun kemudian berkembang di banyak negara dengan berbagai cara. Archie, Dean dan Eldon Anderson dari Seattle, Amerika Serikat kemudian memperkenalkan metode pencucian mobil otomatis dengan mesin pada 1951.

Hari ini, diperkirakan ada ratusan ribu tempat cuci mobil profesional di seluruh dunia dengan jutaan pekerja dan berbagai metode pencucian mulai dari tradisional hingga modern.


0 comments:

Post a Comment