Tuesday, April 15, 2014

PPnBM Untungkan Produsen Jepang? Ini Tanggapan Lexus

PPnBM Untungkan Produsen Jepang? Ini Tanggapan LexusJakarta - Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) kendaraan mewah naik hingga 125 persen per 19 April 2014, nada miring pun muncul dengan mengatakan keputusan pemerintah sangat menguntungkan berbagai produsen asal Jepang. Karena meski ada PPnBM yang sangat tinggi, ada insentif lain untuk pabrikan Jepang.

Lalu bagaimana tanggapan Lexus yang merupakan merek premium dari Toyota?

"Pasti sebuah peraturan itu ada yang diuntungkan dan ada yang merasa tidak di untungkan. Tapi kalau pemerintah sudah putuskan itu sudah final, dan itu biasa," kata GM Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja kepada detikOto.

Adrian bahkan mengingatkan, memang keputusan pemerintah menaikkan PPnBM itu tidaklah tepat, apalagi jumlah mobil mewah tidak terlalu banyak. Karena akan banyak konsumen yang menghiraukan keputusan pemerintah tersebut.

"Pembeli (konsumen) hanya menahan pembelian saja, kalau mereka (konsumen) mau beli ya tinggal beli. Tapi memang keputusan ini tidak pas saja," ujarnya.

Akan tetapi secara tidak langsung Adrian pun mengakui, bahwa selama ini konsumen Lexus di Indonesia lebih banyak menikmati Lexus yang memiliki kapasitas mesin dibawah 2.500 cc.

"Penjualan kita masih di bawah 3.000 cc kebanyakan, dan ini (kenaikan pajak PPnBM) tidak terlalu berpengaruh. Dan mungkin untuk kelas yang tanggung-tanggung itu akan terpengaruhi, tapi untuk kendaraan diatas Rp 1 miliar tapi mesin 3.000 cc itu baru terpengaruh sedikit," tutupnya.



0 comments:

Post a Comment