Wednesday, May 14, 2014

CBR250R Kenapa Masih Pakai Mesin 1 Silinder Honda?

CBR250R Kenapa Masih Pakai Mesin 1 Silinder Honda?Jakarta - Salah satu anggapan yang beredar di para pengguna Indonesia adalah mesin dengan dua silinder lebih oke dibanding dengan mesin satu silinder. Tapi, kenapa Honda mempertahankan mesin satu silinder pada All New Honda CBR250R?

All New Honda CBR250R menggendong mesin DOHC, 4-katup, 6-kecepatan, silinder tunggal, berpendingin cairan (liquid-cooled) yang menghasilkan tenaga 29,0 PS di 9.000 rpm serta torsi pada level 23 Nm di 7.500 rpm dengan peningkatan performa yang lebih tinggi 1 kW dari generasi sebelumnya serta minim jeda dikarenakan rasio antar giginya yang kecil.

All New Honda CBR250R juga mengadopsi perubahan pada struktur mesin, rasio perpindahan gigi, bentuk saluran pernafasan mesin yang semakin mengoptimalkan mekanisme kerja katup mesin.

Foto: Honda CBR250R Mengaspal di Jakarta

Marketing Direktur PT Astra Honda Motor Koichi Mizuno mengatakan kalau kemampuan mesin ini sudah sangat mumpuni untuk penggunaan di jalanan perkotaan. Bahkan Mizuno mengatakan dengan satu silinder pun kemampuan CBR250R tidak kalah dengan kompetitor yang bermesin dua silinder.

"Dengan satu silinder pun sudah sangat baik dibandingkan kompetitor," katanya.

Di tempat yang sama, Makoto Dohi yang merupakan Asisstant Chief Engineer of honda R&D Southeast Asia Co. Ltd. Indonesia Repesentative Office menjelaskan kalau dengan mesin satu silinder, CBR250R memiliki keunggulan dari sisi bobot.

CBR250R menurutnya jadi lebih ringan dibanding kompetitor yang menggunakan mesin dua silinder. Dengan begitu, kemampuan berlari pun jadi lebih meningkat di samping kenyamanan yang jadi lebih baik untuk penggunaan sehari-hari di jalan.

"Di Indonesia motor tidak bisa masuk jalan tol, dengan satu silinder saja cukup untuk di jalanan biasa. Mesin ini agresif di rpm bawah dan tengah, jadi cukup bisa menyalip kendaraan lain," katanya.

Di samping performa yang tidak kalah oke, All New Honda CBR250R ini juga diklaim Honda lebih irit. Honda mengatakan kalau pada pengetesan di kecepatan konstan 60 km/jam All New Honda CBR250R mampu mencapai tingkat efisiensi 50,1 km/liter. Angka ini berarti 0,9 km/liter lebih irit dibandingkan generasi sebelumnya.

0 comments:

Post a Comment