Wednesday, May 28, 2014

Mobil Google Bisa Kurangi Kecelakaan?

Mobil Google Bisa Kurangi Kecelakaan?California - Raksasa teknologi Google akhirnya benar-benar membuat mobil. Uniknya, mobil ini tidak memiliki roda kemudi atau pedal. Namun Google berpendapat teknologi mutakhir yang dikandung mobil ini mampu mereduksi angka kecelakaan lalu lintas di masa depan.

Google memulai membangun mobil sendiri setelah menguji teknologi mobil otonom sepanjang 700.000 km. Mobil ini bisa berjalan ke tujuan tanpa dikemudikan manusia. Tampang mobil ini cukup nyentrik karena memiliki wajah yang mirip dengan mobil di film kartun.

Co-founder Google Sergey Brin mengungkapkan kalau mereka sangat bersemangat dalam pengembangan mobil ini dan memahami bila di masa depan mobil ini akan mengubah cara pandang masyarakat terkait mobilitas sebuah kendaraan.

Untuk permulaan, Google akan membangun kendaraan purwarupa atau prototype yang bisa menampung dua orang ini sebanyak 100 unit. Dengan total akan membangun sekitar 200 unit di Detroit.

Tenaga listrik yang digunakannya nanti akan bisa membuatnya berlari sampai 25 mph atau sekitar 40 km/jam. "Kita lihat saja kendaraan ini di jalan dalam tahun ini," kata Director Self-Driving Project Google Chris Urmson.

Ron Medford, orang yang sebelumnya merupakan wakil direktur Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional AS atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang kini menjadi direktur keamanan untuk tim self-driving car team di Google yakin jumlah kecelakaan bisa dikurangi secara drastis dengan menghilangkan kemungkinan kesalahan pengemudi.

Simulation of road

Cara mobil Google membaca jalan (dok BBC)


Hal itu menurutnya penting karena akan membuat jalan lebih aman dan mengurangi kemacetan. Karena di Inggris saja ada 23.500 orang tewas di 6 bulan pertama 2013 karena kecelakaan lalu lintas.

"Saya pikir ini memiliki potensi untuk menjadi teknologi keamanan yang paling penting di industri otomotif yang pernah ada," katanya seperti detikOto kutip dari BBC.

0 comments:

Post a Comment