Wednesday, May 28, 2014

Suzuki Celario Bisa Pakai CNG

Suzuki Celario Bisa Pakai CNGJakarta - Bila fasilitas mendukung dan pasar meminta, tanpa disuruh pemerintah produsen mobil akan melahirkan mobil berbahan bakar gas. Hal ini dibuktikan oleh Suzuki yang melahirkan Celario berbahan bakar CNG.

Maruti Suzuki mengatakan kalau varian Celerio Green CNG kini telah mereka lepas dengan harga 4.68 lakhs atau sekitar Rp 92 jutaan.

Menurut pabrikan berlambang huruf 'S' tersebut model ini sudah menggunakan iGPI technology (intelligent Gas Port Injection). Tangki gas CNG ditempatkan di lantai mobil.

Dengan versi yang dapat menghirup CNG ini, maka Celario di India telah memiliki 6 varian. Uniknya, selain bisa menghirup bensin, mobil ini juga bisa beralih untuk meminum bensin. Perpindahan mode ini bisa dilakukan melalui switch di dashboard.

Power mobil ini berasal dari mesin tiga silinder berkapasitas 1.0 liter. Mesin K-Series tersebut mampu memproduksi tenaga sebesra 68 PS dengan torsi 90 Nm di versi bensin, tapi bila menggunakan CNG mode maka tenaganya hanya bisa sampai 59 PS dengan torsi 78 Nm.

Di varian ini, Suzuki memodifikasi beberapa bagian mulai dari tangki yang tahan bocor untuk keamanan serta suspensi belakang yang dibuat lebih kuat untuk menanggung beban ekstra.

Ketika di tes, pada CNG mode mobil ini dapat berjalan sejauh 31,79 km dengan 1 kg CNG atau 31,79 km/kg. Sementara bila menggunakan bensin tingkat efisiensinya mencapai 22,02 km/liter.

Nah, di India Suzuki terhitung sudah lama bermain CNG. Total ada 6 model mobil mereka yang menggunakan bahan bakar ini muali dari Alto 800, Wagon R, Ertiga, SX4, Eeco sampai Celerio.


0 comments:

Post a Comment