Monday, June 30, 2014

eBay Tolak Lelang Mobil Bekas Nazi

eBay Tolak Lelang Mobil Bekas NaziJakarta - Baru-baru ini situs lelang eBay menolak untuk melelang mobil era Perang Dunia II bermerek Marcedes-Benz 540 K Cabriolet B 1941 milik pejabat Nazi, Hermann Goering.

Mobil itu diproduksi oleh Daimler-Benz untuk teman dekat Adolf Hitler. Alasan eBay menolak mendaftarkan model itu karena memiliki aturan yang berlaku bahwa ada larangan untuk menjual barang-barang ofensif.

"eBay memiliki kebijakan yang melarang penjualan barang dan konten ofensif, mencangkup daftar yang mempromosikan sesuatu yang dibenci, mengandung unsur kekerasan, intoleransi rasial, seksual, atau agama," kata juru bicara eBay, Ryan Moore dilansir Reuters.

Sejarah mobil itu cukup panjang. Mobil itu disita oleh Divisi Infanteri Angkatan Darat AS ke-7 di Berchtesgaden, sebuah kota di Pegunungan Alpen, tempat Hitler membangun tempat tinggalnya.

Sebelum sampai di AS pada 1955, mobil itu sempat dimiliki sersan Sam Hosier di Heilbronn, Jerman. Menurut kabar, potongan dan suku cadang mobil yang tersisa kini berada di tangan seorang pemilik yang tinggal di Florida, Amerika Serikat. Nama pemilik mobil itu sendiri tidak disebutkan.

Namun dia mengaku kecewa karena mobil sejarah ini tidak bisa masuk ke dalam daftar penjualan eBay. Padahal, dia mengaku sudah menghabiskan uang banyak untuk merakit kembali mobil tersebut. Bahkan dia berharap mobil itu bisa laku terjual hingga Rp 59 - Rp 83 miliar.


0 comments:

Post a Comment