Monday, June 30, 2014

Setengah Tahun, GM Recall 29 Juta Mobil

Setengah Tahun, GM Recall 29 Juta MobilDetroit - Raksasa otomotif Amerika Serikat, General Motors tengah diliputi awan gelap. Bukan apa-apa, mereka baru saja menarik kembali (recall) 8,23 juta mobil karena masalah di stop-kontak. Dengan begitu, dalam setengah tahun ini sudah 29 juta mobil yang mereka recall.

Masalah sendiri hadir karena adanya cacat pada kunci kontak berbagai model produksi mereka. Kerusakan komponen itu telah menyebabkan 13 jiwa melayang karena kecelakaan. Beberapa mobil yang terlibat kecelakaaan hancur dan terbakar.

Akibatnya, banyak gugatan dilayangkan pada GM dengan ancaman puluhan juta dolar atau ratusan triliun rupiah untuk kompensasi pada para korban dan pemilik mobil. Beberapa hari lalu GM telah mengungkapkan kalau mereka akan menyediakan setidaknya US$ 1 juta untuk korban kecelakaan terkait cacat produksi ini.

Kini, GM kembali melakukan recall terhadap 8,23 juta mobil terkair 7 kecelakaan yang menyebabkan 3 korban jiwa. Dengan begitu, total ada 29 juta mobil yang ditarik dengan 14,7 juta mobil terindikasi memiliki masalah pada stop-kontak.

Angka ini tentu sangat besar. Sebab tahun lalu saja GM hanya menjual 2,8 juta mobil di Amerika Serikat dan 9,7 juta mobil di seluruh dunia. Dengan begitu, recall setengah tahun ini sama dengan penjualan hampir 3 tahun.

"Itu adalah respon yang luar biasa untuk satu kesalahan yang dibuat selama jangka waktu tertentu," kata juru bicara GM Jim Cain di Reuters.

Untuk menarik semua produknya tersebut, GM dikabarkan harus menyiapkan dana hingga US$ 500 juta. Akibatnya, pada hari Senin, saham GM ditutup turun 0,9 persen di $ 36,30.


0 comments:

Post a Comment